Balon Gas Meledak, Hari Guru Nasional Berujung Petaka Begini Penampakannya

Balon Gas Meledak, Hari Guru Nasional Berujung Petaka Begini Penampakannya

Tangkapan layar akun tiktok yang memperlihat balon gas meledak pada perayaan hari Guru 2023--

BACA JUGA:Fastastis Tunjangan Guru Penggerak 2023

@euistatanugraha:jadi trauma klu liat anak tiup balon takut gini

@oki adisurya:itulah kenapa sampai sekarang saya benci balon, sampai anak aq larang jangan bawa balon k rumah apa Deket aq. 

Untuk melihat video penampakan detik-detik kejadian tersebut, klik DI SINI

 

Tentang Balon Gas

Sementara itu, diketahui ada 2 jenis gas yang biasanya digunakan untuk mengisi balon udara/balon gas. Pertama adalah gas Helium (He) dan yang kedua adalah gas Hidrogen atau Hydrogen (H2). 

Dimana kedua jenis gas ini sama-sama memiliki masa yang lebih ringan dibandingkan udara bebas, sehingga balon yang diisi gas hidrogen dan helium akan mengembang secara bebas. 

BACA JUGA:Simak Baik-baik, Ini Pernyataan Terbaru BKN Soal Pengangkatan PPPK Guru 2023

Sementara dari kedua jenis gas ini, Hidrogen yang paling mudah terbakar. Sedangkan untuk harga, Helium harganya diketahui lebih mahal hampir 10 kali lipat dibandingkan gas Hidrogen. Berikut penjelasannya;

Gas Helium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang He dan nomor atom 2. Gas Helium tidak mudah terbakar dan aman bahkan dari percikan api. 

BACA JUGA:Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 11  Sudah Dibuka

Dalam segi warna, Helium diketahui tak memiliki warna, tak berbau, tak berasa, tak beracun, hampir inert berupa gas monatomik, dan merupakan unsur pertama pada golongan gas mulia dalam tabel periodik.

Sementara Helium dinilai sebagai gas untuk pengangkatan, pernapasan, deteksi kebocoran, pelindung, gas inert dan sebagai cairan pendingin. Sedangkan untuk Hidrogen, memiliki ciri-ciri gas tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa juga merupakan unsur yang paling melimpah di alam semesta. 

 

Sumber: