Ahli Perang, Ini 7 Sahabat Rasulullah Beserta Julukannya

 Ahli Perang, Ini 7 Sahabat Rasulullah Beserta Julukannya

ILUSTRASI/NET.--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Sejarah peradaban Islam di muka bumi ini telah melewati banyak sekali peperangan yang menewaskan ribuan, puluhan bahkan ratusan ribu mujahid di medan perang.Sebagian besar peperangan yang terjadi antara umat Islam sejak zaman Rasulullah dengan musuh-musuhnya, dimenangi oleh umat Islam.


Sahabat Curup Ekspress, namun dibalik kemenangan dan keberhasilan umat Islam berhasil mengalahkan musuh-musushnya tersebut tentu ada orang-orang pilihan Allah yang kuat, pandai dan mahir dalam peperangan. Khususnya pada zaman Rasulullah 1400 tahun yang lalu.

BACA JUGA: 23 Adab dan Akhlak Rasulullah yang Bisa Menjadi Contoh dan Menambah Kecintaan Kepadanya
Ada banyak sahabat-sahabat Nabi yang ahli dan jago dalam berperang, hingga mendapatkan julukan-julukan yang luar biasa dalam sejarah peperangan umat Islam.Lantas, siapa sajakah mereka? Simak terus pembahasan dalam artikel ini tentang sahabat-sahabat Nabi yang ahli perang serta julukannya masing-masing.



1. Umar bin Khattab



Umar bin Khattab merupakan nama sahabat Nabi Muhammad yang termasuk salah satu Khulafaur Rasyidin.Khulafaur Rasyidin adalah sebutan muslim Sunni untuk empat khalifah pertama yang memimpin Islam setelah Nabi Muhammad.


Beliau adalah sahabat nabi yang menjadi Khulafaur Rasyidin atau mengganti posisi nabi sebagai seorang pemimpin.
Kecepatan pedang Umar bin Khattab bagaikan kilat yang membelah angkasa sehingga sangat ditakuti oleh penduduk kota Makkah.

Pada masa Jahiliah, banyak darah yang dianggap musuh mengalir dan banyak nyawa melayang di ujung pedang Umar bin Khattab. Begitu pula ketika masuk Islam, ia sangat ditakuti oleh musuhnya, yaitu orang-orang kafir.


Hingga diberikan julukan Assadullah, artinya Singa Padang Pasir. Julukan ini diperoleh Umar bin Khattab dari orang-orang suku Arab sebelum ia masuk Islam. Karena keberanian dan kecepatannya menggunakan pedang, Umar disebut mirip Singa Padang Pasir.

BACA JUGA:



2. Khalid bin Walid


Nama sahabat Nabi Muhammad yang selanjutnya adalah Khalid bin Walid. Beliau adalah sahabat nabi yang menjadi panglima perang.

Khalid bin Walid yang namanya sudah tidak asing lagi dalam sejarah Islam ini merupakan jenderal perang muslim yang hebat dan tak terkalahkan. Bahkan, ia dijuluki sebagai "Pedang Allah yang Terhunus".Khalid bin Walid memainkan peran militer utama dalam Perang Riddah, penaklukkan Persia, hingga penaklukkan Suriah.


Beliau juga memiliki peranan penting dalam Pertempuran Uhud dan Pertempuran Hunain.Tidak hanya itu saja, Khalid bin Walid juga pernah mengalahkan para pemimpin pemberontak Tulailah pada Pertempuran Buzakhah.


3. Ali bin Abi Thalib

Beliau adalah sepupu sekaligus menantunya baginda Nabi Muhammad. Karena beliau adalah adalah anak pamannya dan suami dari anak Nabi yakni Fatimah Azzahra.


Di banyak peperangan Ali sering diberi tugas memegang bendera, yang harus berdiri di depan sebagai simbol keberanian. Dalam perang Mu’tah di negeri Syam, setelah Ja’far kakaknya yang memegang bendera gugur, juga Zaid dan Ibn Rawahah gugur juga, maka Ali yang memegang tampuk itu. Karenanya Ali dikenal dengan julukan "Asadullah" (Singa Allah). Saat lahir, ibunya memberi nama "Haidar", artinya "singa sang pemberani".

BACA JUGA:



4. Abu Ubaidah bin Al-Jarrah

Jenderal panglima perang yang kedua adalah Abi Ubaidah bin Al-Jarrah. Abu Ubaidah termasuk dalam kelompok sahabat Nabi Muhammad yang masuk Islam. Dirinya memeluk Islam atas ajakan Abu Bakar Ash-Shiddiq tepat sehari Abu Bakar masuk Islam.
Ia pernah bergabung dalam Perang Badar, di mana saat itu ia harus menghadapi ayahnya sendiri, Abdullah Ibn Al-Jarrah yang berada di pihak kaum Quraisy. Bahkan ia harus membunuh kemusyrikan yang bersemayam dalam pribadi ayahnya.
Sosok Abu Ubaidah mendapat gelar sebagai "Orang Kuat yang Terpercaya" oleh Nabi Muhammad.



5. Hamzah bin Abdul Muthalib

Hamzah menyatakan keislamannya di depan Rasulullah. Ia selalu mendampingi dan melindungi Nabi ke manapun ia pergi.
Beliau salah satu sahabat Nabi yang ahli dan pandai dalam peperangan antara umat Islam dengan musuh-musuhnya kala itu. Karena keberaniannya itulah Hamzah memperoleh julukan "Singa Allah dan Rasul".

BACA JUGA:



6. Sa'ad bin Abi Waqqash

Sa'ad bin Abi Waqqash dikenal sebagai seorang pemanah yang handal dan ahli dalam membidik sasaran. Ia mendapat julukan "Busur Panah Allah" karena doa Rasulullah yang memohon agar anak panahnya selalu mengenai sasaran.



7. Nusaibah binti Ka'ab

Nusaibah binti Ka'ab atau dikenal juga dengan Ummu Umarah, menjadi salah satu yang kembali melindungi Rasulullah ketika nyaris diserang musuh.Beliau mendapat julukan Singa Merah karena dia sangat pemberani dan berdarah-darah dalam membela Islam.

Dalam Perang Uhud, kaum muslimin dalam keadaan kacau balau melawan musuh yang dipimpin Khalid bin Walid (sebelum hijrah).

Sumber: