Anjuran Rasulullah dan Manfaat Tidur Miring ke Kanan bagi Kesehatan

Anjuran Rasulullah dan Manfaat Tidur Miring ke Kanan bagi Kesehatan

ILUSTRASI/Tidur Miring ke kanan ,Anjuran Rasulullah.-ILUSTRASI/NET-

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Sejak zaman dahulu, ajaran Islam telah memberikan nasihat tentang berbagai aspek kehidupan, termasuk cara tidur.

Salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW adalah tidur miring ke kanan. Tak hanya mengikuti ajaran agama, tidur miring ke kanan juga membawa manfaat kesehatan yang luar biasa.

 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Bila hendak tidur hendaknya besuci (berwudhu) sebagaimana yang engkau bersuci untuk shalat, kemudian berbaring disebelah kananmu" (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

 

Tidur miring ke kanan merupakan salah satu sunnah yang diajarkan  Rasulullah.

Ini adalah posisi tidur dengan badan miring ke kanan.

Selain itu Rasulullah juga mengajarkan kita untuk menyikat gigi sebelum tidur, membaca doa saat tidur dan menjaga kebersihan diri.

 

Manfaat Kesehatan Tidur Miring ke Kanan

 

Tidur miring ke kanan tidak hanya memiliki makna spiritual tetapi juga membawa sejumlah manfaat kesehatan yang dapat berdampak positif bagi tubuh. Beberapa manfaat  tidur miring ke kanan bagi kesehatan adalah: 

BACA JUGA:

 

1. Memperbaiki pencernaan

 

Tidur miring ke kanan dapat membantu melancarkan pencernaan. Padahal, posisi tubuh ini memungkinkan makanan bersirkulasi lebih baik di perut.

 

2. Mengurangi Refluks Asam Lambung

 

Tidur miring ke kanan juga dapat membantu mengurangi gejala refluks asam lambung. Memang pada posisi ini asam lambung lebih sulit naik ke kerongkongan.

 

3. Menjaga Jantung

 

Penelitian menunjukkan bahwa tidur miring ke kanan dapat mengurangi beban pada jantung. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko masalah jantung tertentu.

BACA JUGA:

 

4. Mengurangi Tekanan Darah

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur miring ke kanan dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga berpotensi mengurangi risiko hipertensi.

 

5. Mengurangi Tekanan pada Punggung

 

Tidur miring ke kanan juga dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah, sehingga bermanfaat bagi penderita masalah punggung.

 

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

 

Tidur miring ke kanan juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena memberikan kenyamanan dan mengurangi risiko gangguan tidur.

 

Tidur miring ke kanan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW juga membawa manfaat penting bagi kesehatan.

Dengan menjalankan sunnah ini, selain mendapat pahala, kita juga bisa menikmati manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Jadi tidur miring ke kanan bisa menjadi kebiasaan sehari-hari yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Sumber: