Ini Amalan yang Bisa Merubah Takdir Allah, Kata Ustadz Syafiq Riza

Ini Amalan yang Bisa Merubah Takdir Allah, Kata Ustadz Syafiq Riza

Ustadz Syafiq Riza.--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Takdir merupakan suatu ketetapan dari Allah Subhanahu wa taala dan hanya Allah juga lah yang tahu kapan dan dimana takdir itu akan terjadi pada hidup seseorang.

Dalam Islam, percaya kepada takdir atau qadha dan qadar merupakan rukun iman yang ke-6 atau terakhir.

Beriman kepada takdir artinya seseorang mempercayai dan menyakini bahwa Allah telah menjadikan segala makhluk dengan kodrat dan irodat-Nya dan segala hikmah-Nya.

BACA JUGA:

Lalu tidak sedikit umat manusia khususnya muslim bertanya, apakah takdir itu bisa dirubah?

Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam sebuah kesempatan ceramahnya pernah menjelaskan bahwa ada sebuah amalan yang bisa merubah takdir Allah.

Ini disampaikan Ustadz Syafiq Riza dalam sebuah ceramah singkat yang diunggah di kanal youtube @Hijrah739 dan telah ditonton ratusan ribu kali. 

BACA JUGA:

Kemudian Ustadz berbicara soal takdir itu apakah bisa dirubah? Jawab Ustadz Syafiq Riza, yang pertama kita tidak tahu takdir kita itu yang mana.

Tugas kita adalah beramal, dan diantaranya amalan yang bisa merubah takdir Allah ialah doa.

Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'alaihi Wa Sallam berikut, 

 

 إِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ، وَلَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ، وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمُرِ إِلَّا الْبِرُّ 

 

Artinya : "Seseorang itu terhalang dari rizki akibat dosa yang ia lakukan. Tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali doa. Dan tidak ada yang bisa menambah umur melainkan perbuatan baik." (HR. Ahmad dari Tsauban radhiyallahu’anhu dan dinilai hasan oleh al-Albany)

BACA JUGA:

Makanya kita dianjurkan untuk bersilaturahim untuk supaya umur panjang, umpamanya. Berbuat baik kepada orang supaya umur bertambah panjang umpamanya, dan itupun termasuk takdir Allah, kata Ustadz Syafiq Riza.

Artinya Allah itu tahu nanti kita pada umur sekian akan berdoa meminta supaya dipanjangkan umurnya, misalnya.

Allah itu sudah tahu juga itu lho, dan itupun sudah tercatat di lauhul mahfudz, ucap Ustadz Syafiq Riza.

Maka tugas kita dalam urusan takdir ini adalah ya beramal. Tapi kita harus percaya bahwa semuanya itu sudah Allah tentukan, tutup Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Sumber: