Pogram Nusantara Sehat Kemenkes

Kamis 26-01-2017,17:11 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

Lebong Dapat Jatah 3 Kecamatan LEBONG, CE - Program Nusantara Sehat merupakan program yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Tujuannya untuk meningkatkan taraf kesehatan bagi masyarakat yang termasuk berada di dalam wilayah yang jangkauannya termasuk jauh dari pusat kesehatan.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Amril Yudani SKm bahwa untuk program nusantara sehat tersebut Kabupaten Lebong Sendiri mendapat jatah 3 lokasi yaitu di Kecamatan Lebong Selatan, Kecamatan Pinang Belapis, dan Kecamatan Topos.  "Menurut informasi yang kami terima, untuk kabupaten Lebong sendiri ada 3 kecamatan yang termasuk kedalam program Nusantara Sehat tersebut, yang saya ingat itu Daerah Sungai Lisai di Kecamatan Pinang Belapis, untuk Kecamatan Lebong Selatan dan juga Kecamatan Topos karena ini merupakan program kementrian dan bukan kami yang menentukan lokasinya jadi saya belum begitu hapal lokasi pastinya, yang jelas berada di dua kecamatan tersebut," sampainya.

Menurutnya, dalam program tersebut nantinya akan di bentuk seperti sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki keahlian yang berbeda beda. "Yang akan ditempatkan nantinya tentu memiliki keahlian yang berbeda-beda seperti dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, tim gizi dan lainnya, kemudian untuk jumlah orang pada tim tersebut karena program ini dari kementrian yang jelas kami tidak mengetahui berapa orang  akan ditempatkan dalam satu tim tersebut dan bisa saja jumlahnya tidak sama untuk masing-masing lokasi," ujarnya.

Kemudian dijelasnnya juga untuk penerimaan orang-orang yang akan ditempatkan disana dilakukan secara online dan pihak kementrianlah yang nanti akan menentukan mereka akan ditempatkan di wilayah mana. "Penerimaan tim ini yang jelas semuanya ditentukan oleh pihak kementrian kesehatan,  dan kami selaku pihak dinkes hanya tinggal menerima dan mengarahkan siapa yang nanti akan ditugaskan di 3 kecamatan tersebut oleh pihak kementrian," jelasnya.

Lebih jauh Amril, bahwa tim tersebut tentunya tidak bersifat selamanya, melainakan memiliki jangka waktu yang ditentukan oleh pihak kemekes, untuk itu pihak Dinkes Lebong diminta untuk mencari lokasi yang dapat disewa untuk nantinya dapat ditinghali oleh tim tersebut. "Jadi karena tim ini sifatnya hanya sementara, jadi tidak akan ada bangunan baru yang akan dibuat, melainkan kami hanya akan mencari nanti lokasi tempat tinggal mereka yang seauai untuk dikontrak selama masa penugasan mereka nantiny," tandasnya. (CE2)

Tags :
Kategori :

Terkait