Solusi:
UMKM harus fokus pada keunikan produk dan pelayanan yang lebih personal. Niche marketing dapat menjadi strategi yang efektif untuk menarik konsumen yang spesifik.
5. Teknologi yang belum maksimal
Banyak UMKM yang belum memanfaatkan teknologi modern dalam proses produksi dan pemasaran, yang mengakibatkan efisiensi yang rendah.
Solusi:
Pemerintah dan lembaga swasta dapat memberikan akses pelatihan dan subsidi untuk teknologi baru. Investasi dalam otomatisasi dan sistem informasi dapat meningkatkan produktivitas.
BACA JUGA:Sampah Berserakan Lokasi Pasar UMKM HUT Kota Curup, Dikeluhkan Warga
BACA JUGA:Ditutup Lebih Cepat, Bazar UMKM HUT Curup Hanya Seminggu Lagi..
6. Kurangnya pengetahuan bisnis
Banyak pelaku UMKM yang kurang memiliki pengetahuan tentang manajemen bisnis, termasuk pemasaran, keuangan, dan strategi bisnis.
Solusi:
Menyediakan program pelatihan dan pendampingan bagi UMKM untuk meningkatkan kemampuan manajerial mereka. Kerja sama dengan universitas atau lembaga pelatihan dapat membantu dalam hal ini.