Tantangan dan Solusi bagi UMKM di Indonesia

Sabtu 05-10-2024,05:00 WIB
Reporter : Anjela
Editor : Desi AP


ILUSTRASI/NET-ILUSTRASI/NET-

Banyak UMKM kesulitan menjangkau pasar yang lebih luas akibat keterbatasan pemasaran dan promosi, baik offline maupun online.

Solusi:

Pelatihan pemasaran digital dan pemanfaatan media sosial untuk menjangkau konsumen lebih luas. Kerja sama dengan platform e-commerce juga dapat membuka akses pasar yang lebih besar.

 

3. Kualitas produk yang beragam

Tantangan:

Standar kualitas produk UMKM sering kali tidak konsisten, yang dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen.

Solusi:

Menerapkan sistem manajemen kualitas dan melakukan pelatihan kepada pelaku UMKM tentang pentingnya konsistensi produk. Sertifikasi dan audit produk juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen.

BACA JUGA:Keunggulan Platform Shopee dan Seberapa Baik Citra E-commerce menurut para pelaku usaha lokal dan UMKM

BACA JUGA:Faktor Keunggulan Shopee Bagi Pelaku Usaha Brand Lokal & UMKM

4. Persaingan yang ketat

Tantangan:


ILUSTRASI/NET--

Persaingan dengan perusahaan besar yang memiliki sumber daya lebih banyak sering kali membuat UMKM kesulitan untuk bersaing.

Kategori :