Wabub: Narkoba Harus Dicegah Bersama

Wabub: Narkoba Harus Dicegah Bersama

CURUP, CE - Memberatas peredaran dan mencegah penyalagunaan narkotika harus melibatkan seluruh elemen masyarakat. Demikian disampaikan Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM saat penyuluhan bahaya narkotikan di Kecamatan Curup Utara kemarin.

"Mana bisa jika cuma kami untuk pencegahan, jelas ini harus dilakukan oleh semua pihak," sampai Wabup. Menurutnya, pihaknya meminta tiga hal kepada masyarakat terkait pemberantasan narkoba. Pertama masyarakat harus mengtahuai dengan jelas bahaya dari narkotika tersebut, dan bisa mengakomodir dengan menjaga minimal diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

"Kedua kami meminta agar masyarakat tidak memusuhi mereka yang telah terjerat dengan narkotika, dan jika ada pihak masyaralat bisa membawa orang tersebut kepanti rehabilitas. Intinya jangan sampai ada yang malu karena kelurganya sebagai penguna, namun bahwa dan sembuhkan secepatanya, jangan berlarut - larut," ujarnya.

Dilanjutkannya, untuk yang ketiga bahwa efek dari pengunaan narkotika tersebut akan merugikan diseluruh aspek, seperti ekonomi yang selalu ingin membeli barang haram tersbeut, ditambah dengan aspek sosial yang dibuli dan di kucilkan, serta aspak hukum yang bisa menjerat pecandu tersebut.

"Semuan resiko atau efek jelas tidak ada yang benar jadi, ayo cegah diri dan keluarga kita untuk tidak terlibat," jelasnya. Serta pihaknya menginginkan bagi peserta yang mengikuti penyuluhan tersebut bisa manyampikan dan menyebahkan hal ini kepada seluruh masayarakat desa masing masing.

"Harapan kita informasi dan ilmu yang didapat bisa disebarkan sehingga bisa sama - melakukan pencegahan," sampainya. Sementara Kabag Kesra Setdakab Rejang Lebong, Jama,an Nur SAg menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tersebut awal dari keagiatan yang akan berlanjut hingga ke Kecamatan lainnya. Dan ini adalah anggaran yang berikan pemerintah untuk sama - sama mencegah dan menghindar dari penyalagunaan narkotika.

"Ini kegiatan pembuka, dan akan terus berjalan kekecamtan yang lainya," terangnya. Terpisah Camat Curup Utara Marizal Zukirman menyampaikan pihaknya cukup antosias denganpenyuluhan tersebut,dan berharap dengan adanya penyuluhan tersebut seleuruh masyaralat atau minimal kepala desa yang hadir bisa menyampikan dan menginformasikan kepada pemuda yang ada dikecamtan yang dipimpinya.

"Harapan saya dengan penyuluhan ini bisa meminimalisir penguna dan bisa melakukan pencegahan bersama," ujarnya. Disampaikannya salah satu faktor adanya penyalagunaan narkotika adalah adanya tempat yang dinilainya berpotensi untuk tempat mengunakan barang haram tersbeut, seperti adanya cafe remang - remang dan juga terlalu seriangnya ada pesta malam yang masih berlangsung dibeberapa desanya, sehingga dengan adanya pengetahuan dari mereka yang membidangi dapat diberikan masukan kepada kepala desa yang hadir terlebih lagi dari pihak kepolisian untuk menegaskan sangsi dan efek pengunaan barang haram tersebut.

"Dengan adanya narasumber dari pihak kepolisian langsung maka saya manta bisa menginformasikan lebih banyak pasal yang bisa menimpa para penguna terlebih lagi pengedar," tandasnya. (CE1)

Sumber:

Wabub: Narkoba Harus Dicegah Bersama

Terkini

Terpopuler

Pilihan