5 Desa Siap-siap Pilkades

5 Desa Siap-siap Pilkades

CURUP, CE - Saat ini pihak Pemkab Rejang Lebong telah mengintrusikan persiapan awal untuk pemilihan lima kepala desa yang akan dilakukan secara serentak pada Agustus mendatang. Demikian disampaikan Asisten I Pemkab Rejang Lebong Pranoto SH. "Sudah positif pemilihan kades dilakukan pada 2 Agustus 2017 mendatang, dengan ini maka kita sudah mulai meminta desa yang terkait untuk melakukan persiapan awal," terangnya.

Dikatakan Pranoto, adapun pesiapan awal yang sudah mulai dilakukan adalah mulai membentuik panitia pemilihan dan melakukan pendataan calon pemilih di masing-masing desa. "Ini tahapan awal yang bisa dilakukan pihak desa terlebuh dahulu," jelasnya.

Pranoto menyampaikan untuk pelaksanaan pilkades untuk tahap kedua akan digelar pada 2 Agustus 2017 mendatang, hal tersebut berdasarkan jadwal dan tahapan yang sudah dibuat oleh pihak panitia pelaksana tingkat Kabupaten dalam hal ini dipertangguang jawabakan oleh Dinas Sosial dan PMD Rejang Lebong

"Ini sudah hasil kesepakantan dan rancangan kegiatan yang dibuat dan sudah disetujui oleh bupati Rejang Lebong," ujarnya. Sejauh ini untuk persiapan pelaksanaan pilkades serentak di daerah tersebut dinilainya, tidak ada kendala dan optimistis akan terlaksana dengan baik. Aturan dan tahapan pelaksanaan tetap mengacu pada aturan pilkades sebelumnya.terlebih untuk panitia penyelenggaraannya di tingkat desa juga akan menggunakan tenaga pengalaman di masing-masing desa yang sebelumnya sudah sering melaksanakan pesta demokrasi seperti pemilu legislatif, pemilu presiden maupun pilkades tahun sebelumnya.

"Kita gunakan tenga yang selama ini mengurusi tentang pemilihan, tentu dengan pengalaman yang bagus," sampainya. Terpisah Kepala Dinas Sosial dan PMD Rejang Lebong, Darmansyah menjelaskan, Pemkab Rejang Lebong tahun ini telah menyiapkan anggaran Rp125 juta untuk pilkades serentak di Desa Turan Baru, Kecamatan Curup Selatan, Desa Pelalo di Kecamatan Sindang Kelingi dan Desa Sinar Gunung di Kecamatan Sindang Dataran.

"Untuk dana yang kita akan cukup untuk melakukan pemilihan," katanya. Untuk Desa Tebat Tenong Luar di Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) dan Desa Ujan Panas di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT). Kedua desa terakhir adalah desa yang gagal melaksanakan pilkades di tahun 2016 lalu, karena pada saat inu memiliki calon tunggal.  "Dua desa ini karena memang dilakukan penundaan pada tahun lalu, karena berbagai kendala," tutupnya. (CE1)

Sumber: