Pertahankan Batik Pei Ka Ga Nga

Pertahankan Batik Pei Ka Ga Nga

CURUP, CE - TP PKK Rejang Lebong menyelanggarakan lomba peragaan batik Pei Ka Ga Nga. Tujuanya untuk manjaga ciri khas batik dari kabupaten Rejang Lebong yang saat ini semakin memudar dan juga memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-137.

"Inikan ciri dari kabupaten Rejang Lebong sehingga memang sudah harus dipertahankan dengan berbagai cara,seperti lomba yang kita lakukan," ujar Wakil Ketua II TP PKK Nilawati dalam pembukaan lomba batik Pei Ka Ga Nga Sabtu (06/05). Dikatakan Nilawati, pada hari tersebut pihaknya sedang menyelanggarakan lomba batik Pei Ka Ga Nga, yang diikuti oleh tinggkat anak - anak, remaja, dan umum, dari seluruh masyarakat Rejang Lebong, ini salah satu upaya pihaknya untuk mempertahankan batik khas Rejang Lebong, dan juga untuk memperlihatkan bahwa batik Pei Ka Ga Nga tidak kala menarik jika disandingkan dengan batik lainya

"Dalam loma ini kita ingian menunjukan, bahwa atik kita itu bagus dikenakan oleh seluruh usai, dan bisa dipadukan dengan bahan apapun," terangnya. Menurutnya dengan semakin banyak masyarakat yang mengetahui, maka lebih banyak lagi masyarakat yang mulai mengenakan batik mereka dengan motif dan corak dari Ka Ga Nga yang memang warisan leluhur nenek moyang kabupaten Rejang Lebong.

"Ini tujuan akhir dari keingian PKK, jangan sampai budaya yang menarik kalah dengan budaya lain, akibat kurang perkenalan," katanya. Dalam lomba sendiri yang meraih, untuk tingkat umum dimenangkan oleh Astri, dan juga untuk tingkat remaja, juara pertama diraih oleh Cantika pelajar dari SMA 01 Rejang Lebong, serta untuk tingkat anak - anak sendiri dimenangkan oleh Zaza yang mengenakan batik berbalut busana muslimah.

"Ini yang meraih juara pertama dimasing - masing tingkatan," sampainya. Serta pemenangan sendiri mendapat tropi dan juga uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh ketua TP PKK kabupaten Rejang Lebong H Fitri Hertika Sari Hijazi SE. (CE1)

Sumber:

Pertahankan Batik Pei Ka Ga Nga

Terkini

Terpopuler

Pilihan