Awas !! Penipuan Catut Nama Bupati, Modus Minta Sumbangan

Awas !! Penipuan Catut Nama Bupati, Modus Minta Sumbangan

IST/CE Screenshot potongan pesan WA dari bupati gadungan --

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Modus penipuan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab semakin nekat.

Tidak hanya saja mengatasnamakan orng-orang penting di Kabupaten Kepahiang, terbaru orang nomor satu dalam hal ini Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU, pun tidak luput namanya dicatut oleh orang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan, untuk memperdaya calon mangsanya.

BACA JUGA:Sungai Meluap, Dusun Curup Diterpa Banjir Hingga 1 Meter

BACA JUGA:Pengadaan Baju Seragam Bisa Dikoordinir

Oknum bupati gadungan ini, sempat menghubungi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kepahiang, Dicky Iswandi ST melalui pesan  WhatsApp (WA) dengan Nomor 0821-2858-1577, dengan isi pesan "Sebelumnya saya perkenalkan saya dengan Bpk Hidayatullah, selaku Bupati Kepahiang. Saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan pondok pesantren dan sekolah PAUD. Apakah ini saya ini saya berbicara dengan pengurus yayasan atau kelasa sekolah PAUD".

Untung saja Dicky, selaku Kadis Kominfo mengetahui jika Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid hanya memiliki 1 nomor telefon, sehingga tidak menggubris pesan WA dengan nomor tersebut yang menggunakan foto profil bosnya tersebut.

"Tadi (kemarin, red) pagi, saya dapat WA dari nomor yang tidak saya kenal. Anehnya nomor itu menggunakan foto profil Bapak Bupati, yang inti pesannya dalam WA itu, meminta sumbangan  donasi untuk membantu pondok pesantren dan PAUD. Tapi sepengetahuan saya bupati hanya punya satu nomor, kok kenapa ada nomor lain, yang membuat saya curiga kalau kalau ini modus penipuan yang mencatut nama bupati," kata Dicky.

BACA JUGA:Malam Takziah, Masyarakat RL Diharapkan Hadir ke Rumdin Bupati

BACA JUGA:Pasca Dikunjungi Sandiaga Uno, Wisatawan Desa Belirang Meningkat 40 Persen

Benar saja tegas Dicky, setelah dirinya menghubungi nomor yang biasa digunakan bupati. Bupati mengakui tidak memiliki nomor lain selain nomor yang selama ini digunakannya.

"Saya juga sempat membalas pesan WA itu dan meminta yang bersangkutan untuk  menunjukkan SK bupati tentang penggalangan dana tersebut," ujar Dicky.

Merasa modus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab tersebut terbongkar. Tegas Dicky, yang bersangkutan tidak lagi membalas permintaannya untuk diperlihatkan SK tersebut.

Karenanya tegas Dicky, dirinya meminta seluruh masyarakat Kepahiang untuk tidak mudah terperdaya dengan pesan-pesan WA dari nomor yang tidak dikenal apa lagi dalam pesan tersebut memberikan iming-iming dan permintaan sejumlah uang.

BACA JUGA:Buron Satu Tahun, Pelaku Pencabulan Diringkus

BACA JUGA:BOS TW 3 Bisa Dicairkan

"Jadi kami pastikan pesan WA itu Hoax, tidak benar. Dan itu ulah oknum tidak bertanggung jawab yang mencari keuntunga dengan mengatasnamanakan bupati," tegasnya.

Terpisah Kabag Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Kepahiang, Surta Kadodo Alam SIP, yang dikonfirmasi juga membenarkan jika ada pencatutan nama Bupati Kepahiang dari orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

"Kami tegaskan pesan itu Hoax, bupati tidak pernah melakukan penggalangan dana, seperti yang ada dalam pesan WA itu. Dan nomor yang digunakan bukan nomor WA bupati. Hanya mencatut nama serta foto profil saja," tegas Dodo.

Disinggung apakah sudah ada korban dari tindakan pencatutan nama bupati itu ? tegas Dodo sejauh ini dirinya belum mendapatkan laporan terkait itu.

"Masih kami lakukan pengecekan lebih lanjut. Dan kami minta masyarakat untuk tidak mempercayai pesan tersebut," tukasnya. 

Sumber: