411 Poktan Terima Bantuan Bibit Jagung dan POC

411 Poktan Terima Bantuan Bibit Jagung dan POC

IST/CE Penyerahan bantuan bibit jagung dan POC kepada Poktan oleh Bupati RL--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL), dipimpin langsung Bupati Drs H Syamsul Effendi MM pada Senin 26 September menyerahkan bantuan pertanian berupa bibit jagung dan pupuk organik cair (POC) kepada 411 kelompok tani (Poktan) yang ada di Kabupaten RL.

Disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distankan) Kabupaten RL, Ir Zulkarnain MT, adapun penyerahan bantuan bibit jagung sebanyak 15 ton atau 15.000 kg yang diserahkan kepada 87 Poktan. Kemudian juga bantuan POC sebanyak 27.616 liter yang dibagikan kepada 324 Poktan.

"Kami baru saja menyerahkan bantuan bibit jagung dan POC kepada Poktan yang ada di RL," sampainya.

Zulkarnain melanjutkan, sebanyak 15 ton bibit jagung itu untuk kebutuhan lahan dengan total seluas 1000 ha. Sedangkan POC untuk kebutuhan lahan dengan total seluas 6.904 ha.

BACA JUGA:368 Pelajar Sudah Miliki KTP

BACA JUGA:5 Bulan THLT Dikbud Belum Terima Gaji, Habibi : Sudah Diusulkan Pada APBD Perubahan

"Kedua jenis bantuan tersebut merupakan bantuan langsung dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI," ujarnya.

Adapun mekanisme penyerahan kedua jenis bantuan tersebut, kata Zulkarnain, diberikan secara cuma-cuma kepada Poktan yang memang benar-benar terdaftar di aplikasi sistem informasi manajemen penyuluhan pertanian (Simluhtan).

"Bantuan itu diserahkan cuma-cuma. Tapi ada juga beberapa Poktan yang mengajukan proposal kepada kami. Sebenarnya sama saja, semuanya dapat bagian," katanya.

Sementara itu, Bupati  mengatakan dengan diberikannya bantuan bibit jagung dan POC tersebut diharapkan dapat mengembangkan sektor pertanian dan holtikultura yang ada di Kabupaten RL.

BACA JUGA:Jalan Lubuk Penyamun Ditutup

BACA JUGA:Plh Bupati Hadiri Bimtek Karang Taruna

"Saya rasa ini akan jadi penyemangat juga bagi Poktan-Poktan yang mendapat bantuan tersebut," ucapnya.

Selain itu lanjut Bupati, pihaknya sangat berharap kepada Poktan melalui penyuluhan dan pendamping. Kedua bantuan tersebut dapat digunakan oleh para petani sesuai dengan arahan dan petunjuk yang ada.

"Serta dengan pengalaman yang dimiliki para petani bisa menghasilkan panen yang optimal dan bisa mensejahterakan masyarakat khususnya ekonomi para petani kita di RL," singkatnya.

Sumber: