Dinkes Miliki Ambulance Senilai Rp 1,2 Miliar

Dinkes Miliki Ambulance Senilai Rp 1,2 Miliar

ARI/CE Mobil ambulance baru milik Pemkab RL yang terparkir di Dinkes. --

REAJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong baru saja merampungkan pengadaan 2 unit mobil ambulance. Yang mana pengadaan mobil tersebut telah menelan anggara sebesar Rp 1,2 miliar.

"Kami baru saja menyelesaikan pengadaan 2 unit mobil ambulan. Jenis mobil ambulan nya sendiri yakni mobil Toyota Hiace sama seperti yang ada di PSC," sampai Plt Kadinkes Kabupaten RL, Rephi Meido Satria SKM kepada wartawan.

Dikatakan Rephi, pengadaan 2 unit ambulance tersebut merupakan pengadaan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) atau anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

BACA JUGA:Dewan Minta Kasus Tawuran Tak Terulang

BACA JUGA:Imunisasi Campak Rubella (MR) Capai 73,30 Persen

"2 unit ambulan itu dananya dari pusat yang pernah kami usulkan," ucapnya.

Sebenarnya sambung Rephi, usulan yang disampaikan pihaknya kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebanyak 6 unit. Namun hasil akhirnya hanya disetujui 2 unit saja.

"Bahkan mengadakan jenis Toyota Hiace itu instruksi dari Kemenkes. Karena standar keamanan dan kenyamanan mereka yang tentukan," katanya.

Rephi melanjutkan, pengadaan 2 unit ambulan tersebut akan digunakan untuk operasional Puskesmas Bermani Ulu dan Puskesmas Sambirejo. Dimana memang kedua puskesmas tersebut saat ini kekurangan mobil ambulan untuk melaksanakan berbagai macam kebutuhan dan aktivitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Dengan adanya 2 unit itu, masing-masing puskesmas dapat bagian 1 unit ambulan," bebernya.

BACA JUGA:ABG Kuras Rumah Paman Dijerat Pasal Berlapis

Pengadaan 2 unit ambulan tersebut, Rephi menjelaskan, sebagai salah satu upaya Pemkab RL dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya untuk wilayah Kecamatan Bermani Ulu dan Selupu Rejang.

"Tidak lain tujuan kita adakan ambulan baru karena ingin menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat Rejang Lebong," ujarnya.

Dirinya menambahkan, namun sejauh ini pihaknya masih membutuhkan sebanyak 4 unit ambulan lagi untuk di operasikan di puskesmas lain yang juga masing kekurangan mobil ambulan.

Sumber: