Perihal Capaian PBB Rendah, Emir: Itu Capaian PBB P3

Perihal Capaian PBB Rendah, Emir: Itu Capaian PBB P3

DOK/CE Kabid Pendapatan BPKD RL Emir Pashah SH--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Terkait dengan rilis yang disampaikan pihak kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Curup.

Dimana menyatakan Rejang Lebong sebagai realisasi pungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) terendah dibandingkan dengan Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong.

Kabid Pendapatan BPKD RL Emir Pashah SH mengatakan, jika yang dimaksud KPP Pratama Curup tersebut adalah capaian realisasi untuk PBB P3 dan bukan PBB

Dimana pada PBB P3 tersebut, hanya mengurusi perpajakan untuk pertambangan dan perkebunan. Sementara di RL sendiri pertambangan dan perkebunan tidak sebanyak di 2 kabupaten lain.

Untuk itu wajar jika capaian  realisasi pajak di RL terendah dibanding 2 kabupaten lain.

BACA JUGA:Masih Berpotensi Hujan Hingga Kamis

BACA JUGA:FK-BPD Usul BOP 15 Persen

"Perlu dilihat terlebih dahulu capaian PBB mana yang terendah. Karena KPP Pratama hanya menangani untuk PBB P3 soal pertambangan dan perkebunan. Sementara untuk PBB P2 itu tanggungjawab kami di BPKD. Jadi wajar saja jika capaian PBB P3 di KPP lebih rendah dibanding dengan capaian PBB P3 di 2 kabupaten lainnya," ujarnya.

Sementara itu dikatakan Emir, untuk PBB P2 juga memang belum mencapai target. Dimana saat ini pihaknya sedang dalam upaya untuk mengejar capaian target tersebut sampai akhir tahun 2022 ini.

Hanya saja target capaian yang sudah dicapai untuk PBB P2 angkanya tidak sekecil capaian PBB P3.

"Untuk capaian PBB P2, sejauh ini sudah diangka  Rp 1,4 miliar lebih. Dimana jika di persen kan sekitar 59,45 persen. Untuk itu perlu diperhatikan betul, capaian target PBB mana yang dianggap terendah," sampai Emir.

BACA JUGA:MAN RL Bangkitkan Ekstrakurikuler Pramuka, Pasca Pandemi

BACA JUGA:Asik !! Honorer Bakal Dapat BSU

Lebih lanjut dikatakan Emir, berkenaan dengan target PBB P2 yang ditargetkan. Sampai akhir tahun ini dirinya menargetkan, angka capaian PBB P2 sampai angka 70 persen lebih.

Mengingat sejak awal tahun kemarin, ada beberapa kendala yang terjadi dalam mengejar capaian target PBB P2. Salah satunya adalah kendala untuk penggunaan aplikasi yang dirilis sejak awal tahun.

"Memang untuk PBB P2 juga masih dalam pengejaran target. Dimana kami akan turun langsung ke kecamatan-kecamatan, untuk memberikan himbauan secara langsung berkenaan dengan tingkat kesadaran masyarakat di desa untuk pembayaran pajak. Yang jelas jika dilihat dari kondisi yang terjadi di lapangan, kami upayakan realisasi PBB hingga akhir tahun ini mencapai sekitar 1,7miliar," singkatnya. 

Sumber: