Regsosek Sasar 90 Ribu KK Berakhir 14 November

Regsosek Sasar 90 Ribu KK Berakhir 14 November

SARI/CE Kepala BPS RL saat melakukan pendataan Regsosek terhadap Bupati RL beberapa hari lalu. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM- Program registrasi sosial ekonomi (Regsosek), akan berjalan selama 1 bulan.

Terhitung sejak 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022 mendatang.

"Regsosek sudah kita mulai, kurang lebih program ini akan berjalan selama 1 bulan," sampai Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Rialdo Eka Putera.

Dikatakan Rialdo, dalam kurun waktu 1 bulan itu sebanyak kurang lebih 90 ribu kartu keluarga (KK) di wilayah Kabupaten RL akan dilakukan pendataan awal oleh para petugas yang diturunkan.

BACA JUGA: Tanpa Kenal Lelah, Pembuatan Plat Duiker Terus Dikebut Satgas TMMD

BACA JUGA: Capaian Vaksin Posisi 7 se Provinsi

Lanjutnya, dimana petugas Regsosek yang diturunkan dalam menjalankan program ini ada sebanyak 463 petugas yang diantaranya 351 petugas pendataan lapangan, 10 koodinator kecamatan dan 2 PML.

"Hanya saja ada penambahan petugas sebagai bentuk antisipasi jika seandainya nanti ada situasi yang memerlukan hal itu," jelasnya.

Lebih lanjut Rialdo menerangkan, adapun berbagai pertanyaan yang nantinya diajukan oleh petugas yakni berkenaan dengan kondisi sosioekonomi demografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, dan informasi sosial ekonomi lainnya.

"Ada banyak komponen yang akan ditanyakan petugas kepada masyarakat nantinya," ucap Rialdo.

BACA JUGA: Bupati RL Jalani Regsosek, Perdana Minta Masyarakat Berikan Jawaban Valid

BACA JUGA: BLT BBM Kemungkinan Cair di November

Dalam proses pendataan awal Regsosek, kata Rialdo, akan dilakukan dengan cara sensus dari rumah ke rumah (door to door) menggunakan kuesioner serta dilengkapi dengan Geotag dan foto khusus keluarga kurang sejahtera.

"Petugas ini keliling satu per satu ke rumah-rumah sesuai dengan wilayah mana mereka ditugaskan untuk mengambil semua data," ujarnya.

Terakhir dirinya mengimbau, kepada seluruh masyarakat diharapkan dapat memberikan jawaban yang selengkap-lengkapnya dan sejujur-jujurnya kepada petugas.

Ini menurut Rialdo, data tersebut sangatlah penting untuk memperoleh data baru yang jauh lebih akurat dan valid.

BACA JUGA: Pembagian Ijazah, Dimulai Cabdin Larang Memungut Biaya

BACA JUGA:Diduga Mabuk, Avanza Masuk Kebun Warga

"Karena muaranya adalah 1 data untuk semua. Seluruh kementerian nanti bakal memakai 1 data hasil dari Regsosek ini, sehingga nanti program-program bantuan pemerintah akan berjalan lebih tepat sasaran berdasarkan data tersebut," pungkasnya.

Sumber: