Menuju Smart City Pemkab RL Wacanakan Peningkatan SPBE

Menuju Smart City  Pemkab RL Wacanakan Peningkatan SPBE

NICKO/CE Suasana Rapat pembahasan SPBE di Ruang Rapat Bupati Rejang Lebong. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Menuju terwujudnya kota cerdas (Smart City) di Rejang Lebong.

Pada Selasa 1 november kemarin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong melakukan rapat koordinasi (Rakor) pembahasan yang mewacanakan adanya peningkatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diterapkan di RL.

Dikatakan Asisten I Setdakab RL Pranoto Majid SH MSi, jika sampai saat ini penerapan SPBE yang dijalankan di ruang lingkup Kabupaten masih sangat kurang.

Dimana salah satu kendala pokoknya terjadi dalam penerapan infrastruktur jaringan yang dimiliki oleh RL.

BACA JUGA: Ejab dan Ujikom 12 Eselon II Ardiansyah: Masih Tunggu Rekom KASN

BACA JUGA: Ajuan DD Tahap III Masih Nihil

Untuk itu perlu dibenahi terlebih dahulu secara maksimal untuk menuju smart city.

"Bukan tidak mungkin kita di RL mewujudkan smart city yang sudah diwajibkan oleh pemerintah pusat pada Perpres tersebut. Namun untuk menuju ke sana perlu kita sadari, terlebih dahulu kita harus melakukan pembenahan internal terhadap infrastruktur jaringan yang kita miliki. Karena sampai saat ini saja jaringan yang kita miliki di RL ini masih sangat buruk," ucap Pranoto.

Masih dikatakan Pranoto, secara bertahap sebenarnya upaya pembenahan jaringan tersebut sudah dijalankan.

Namun memang upaya yang dilakukan tersebut belum bisa dijalankan secara optimal.

BACA JUGA: TPP Segera Cair Sekda: Dirapel 3 Bulan Sekaligus

BACA JUGA: Benarkah Honorer Batal Dihapus ?

Untuk itu melalui pertemuan yang dilaksanakan kemarin Pranoto berharap masing-masing OPD dapat menyusun dan mengkaji penerapan SPBE tersebut secara maksimal dimasing-masing OPD.

"Kami Pemkab sangat mendukung terbentuknya smart city di RL ini. Untuk itu marilah kita bekerjasama untuk melakukan pembenahan SPBE yang sudah dijalankan saat ini secara optimal. Karena jaringan yang masih sangat kurang merupakan kendala pokok yang terjadi saat ini," sampai Pranoto.

Sementara itu disampaikan Kepala Diskominfo Dodi melalui Kabid Pos dan Telematika Liza Meirianti SSTP, jika pihaknya akan memberikan upaya dan kinerja semaksimal mungkin untuk memperbaiki jaringan tersebut.

Agar upaya RL untuk menjadi smart city tersebut bisa dilaksanakan nantinya.

BACA JUGA: Pastikan Progresnya Berjalan dengan Baik, Kasrem 041/Gamas Bengkulu ke Lokasi TMMD Kodim 0409 Rejang Lebong

BACA JUGA: SDN 105 Rejang Lebong Belum Memiliki Pembina

"Benar apa yang disampaikan Asisten I Setdakab RL. Memang saat ini permasalah kita masih ada di infrastruktur jaringan yang kita miliki. Untuk itu perlu dilakukan pembenahan lebih lanjut terhadap hal tersebut. Karena nya kami akan melakukan upaya secara maksimal, agar infrastruktur jaringan yang tersedia bisa semakin membaik," sampainya.

Lebih lanjut Liza juga mengharapkan, agar masing-masing OPD dapat menjalankan SPBE yang diterapkan secara maksimal.

Karena sampai saat ini pelaksanaan SPBE tersebut dilaksanakan di masing-masing OPD, belum dijalankan melalui satu pintu.

"Selama ini SPBE yang kita jalankan di RL ini dilaksanakan di masing-masing OPD. Untuk itu setiap OPD harus dapat menjalankannya secara maksimal. Namun kami berharap kedepannya, agar penerapan SPBE di RL ini bisa dilaksanakan melalui satu pintu. Hal itu agar SPBE yang dijalankan bisa terkoordinir dengan baik, dan menghasilkan hasil yang baik juga," tutup Liza.

Sumber: