Soal Penambahan Tenaga Penyuluh KB, Sekda Minta OPD Lakukan Pengusulan

Soal Penambahan Tenaga Penyuluh KB, Sekda Minta OPD Lakukan Pengusulan

Yusran Fauzi ST--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sehubungan dengan terjadinya krisis Tenaga Penyuluh Keluarga Berencana (KB) di wilayah Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini.

Sekda RL Yusran Fauzi ST meminta, agar pihak OPD teknis yang bersangkutan dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APP-KB) RL, untuk melakukan pengusulan kepada Pemkab RL.

Sebagaimana dikatakan sekda, jika saat ini dirinya belum menerima laporan adanya krisis Tenaga Penyuluh KB di RL tersebut. Sehingga dirinya baru mengetahui bahwa RL kekurangan tenaga penyuluh KB tersebut.

"Sehubungan dengan minimnya jumlah tenaga penyuluh di RL, itu masih bisa dipetakan. Tapi saya belum mendapat laporan maupun pengusulan untuk penambahan tenaga penyuluh KB di RL. Namun jika memang kita membutuhkan tambahan tenaga penyuluh KB di RL, maka kita akan meneruskan usulan tersebut kepada Pemerintah Pusat," ujar sekda.

BACA JUGA:Segera Pendaftaran PPK dan PPS, Gunakan Aplikasi SIAKBA

BACA JUGA:SMPN 6 RL, Puncak P5 Gelar Pentas dan Bazar

Dikatakan sekda, jika memang penambahan tenaga penyuluh KB harus dilaksanakan secara khusus. Maka bisa juga diajukan melalui pola penambahan PPPK.

Mengingat tanggung jawab saat ini yang harus dijalankan oleh pihak DP3APPKB saat ini tidak hanya persoalan KB, melainkan juga penanganan angka stunting di RL.

Sehingga bisa dikatakan tidak memungkinkan jika penambahan tenaga penyuluh dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Yang jelas kami harapkan, pihak OPD yang bersangkutan melakukan pengkajian dan telaah ulang terhadap kebutuhan tenaga penyuluh di RL ini. Yang jelas jika ada pengusulan penambahan tenaga penyuluh di RL, maka kami juga kan menindaklanjuti hal tersebut," sampai sekda.

Lebih lanjut sekda juga menerangkan, memang sudah seharusnya SDM di RL ini dalam semua sektor harus disesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA:Hasil Seleksi PPPK Guru Diumumkan, Besok Baca di Koran CE

BACA JUGA:Pemkab Rejang Lebong Bahas Defisit 112 Miliar

Termasuk dengan jumlah penyuluh KB yang harus disesuaikan dengan banyaknya kelurahan dan desa dalam kecamatan di RL. Akan tetapi hal tersebut juga harus diimbangi dengan anggaran yang tersedia di RL.

"Dengan menyesuaikan anggaran yang kita miliki. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencukupi kebutuhan SDM yang dibutuhkan di RL, termasuk dalam penambahan tenaga penyuluh KB. Untuk itu melalui usulan yang disampaikan pihak OPD yang bersangkutan nantinya, kami akan menindaklanjuti dan mengkaji lebih lanjut hal tersebut," singkat sekda. 

Sumber: