2 Tahun Vakum, IAIN Curup Kembali Gelar Porma

2 Tahun Vakum, IAIN Curup Kembali Gelar Porma

IST/CE Proses persiapan pelaksanaan Porma IAIN Curup--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup kembali menggelar kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa (Porma). Dimana kegiatan tersebut merupakan agenda rutin kampus setiap tahunnya. 

Dimana jika disesuaikan dengan jadwal, harusnya Porma ini juga dilaksanakan setiap Bulan April sebelum Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Sebagaimana disampaikan Ketua Pelaksana Porma IAIN Curup Tahun 2022 Sarwo Edi, kegiatan Porma ini baru bisa digelar lantaran ada beberapa faktor yang menghambatnya pergelaran Porma ini sejak beberapa bulan lalu. 

Disamping itu dirinya menyampaikan, pembukaan Porma akan dilaksanakan pada Senin 13 November hari ini, dan akan dilaksanakan selama 5 hari.

Selain itu, dalam pelaksanaan Porma yang dilaksanakan ini, akan digelar 5 cabang lomba olahraga seperti futsal, tenis meja, basket, voli, dan juga badminton.

BACA JUGA:389 Peserta PPPK Guru Lulus Seleksi Administrasi

BACA JUGA:Hadiri Bazar UMKM dan Seminar Nasional, Ashanty Kunjungi IAIN Curup

"Setelah sekian lama kita tidak menggelar kegiatan Porma. Kali ini kita kembali mengadakan kegiatan Porma ini yang merupakan kegiatan mahasiswa di bidang olahraga yang seharusnya memang dilaksanakan secara rutin. Dimana hari ini, kita melaksanakan pembukaan Porma di Lapangan Kampus IAIN Curup, " ujar Sarwo.

Masih dikatakan Sarwo, kegiatan Porma yang diadakan ini, merupakan ajang pencarian bakat dan bibit para mahasiswa di bidang olahraga.

Yang nantinya akan diikut sertakan dalam perlombaan pada ajang tingkat nasional yang digelar diluar daerah. Dimana untuk peserta nya sendiri, itu diikuti oleh masing-masing mahasiswa perwakilan setiap prodi nya.

"Karena agenda Porma ini adalah agenda rutin setiap tahun, tentu kita bertujuan ingin melihat bibit-bibit muda milik kampus yang bisa diikutsertakan pada perlombaan tingkat nasional nantinya. Dimana untuk satu tim yang mengikuti lomba, itu kami buat aturan agar setiap tim hanya memiliki 3 pemain senior yang berasal dari semester atas, dan sisanya adalah semester bawah, khususnya untuk cabang futsal, voli, dan basket," sampai Sarwo.

BACA JUGA:Sempat Ditunda, Nasib 2 ASN Ditentukan Pekan Ini

BACA JUGA:2023, Honor Guru Ngaji Dianggarkan

Lebih lanjut Sarwo juga menjelaskan, melalui kegiatan Porma ini dirinya mengharapkan, agar setiap kegiatan olahraga di kampus dapat digencarkan kembali secara terstruktur.

Dimana banyak agenda kedepannya yang bisa diikuti pihak kampus pada ajang nasional. Serta mendidik para mahasiswa agar paham dengan aturan main dari setiap cabang yang dilombakan secara baik dan benar.

"Perlu kita akui, saat ini pengetahuan masyarakat kita di RL khususnya mahasiswa masih agak kurang berkenaan dengan aturan-aturan pada setiap cabang olahraga yang dilombakan. Untuk itu kami bertujuan akan memberikan pelatihan kepada para mahasiswa, agar terbiasa dengan aturan-aturan yang resmi. Yang jelas pada dasarnya kami mengharapkan, agar kegiatan-kegiatan di kampus ini semuanya aktif kembali, pasca vakum akibat Covid-19," singkat Sarwo. 

Sumber: