Rp 8 M Untuk Pemasangan PLTS, Di 9 Puskesmas

Rp 8 M Untuk Pemasangan PLTS, Di 9 Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang H Tajri Fauzan SKm M Si --

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang, tahun ini 2022, mendapatkan bantuan melalui dana alokasi khusus (DAK) bidang kesehatan, berupa pemasangan perangkat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Tidak tanggung-tanggung anggaran yang didapatkan untuk pemasangan PLTS yang diperuntukan bagi  pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Kepahiang tersebut, mencapai Rp 8 miliar lebih.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, H Tajri Fauzan SKm MSi bahwa kepentingan pemasangan PLTS pada setiap Puskesmas yang ada di Kepahiang, untuk menjaga kondisi obat-obatan, yang ada dimasing-masing Puskesmas.

"Daerah kita (Kepahiang, red) ini kan acap kali terjadi pemadaman listrik, sementara ada sebagian obat-obatan yang kita miliki butuh penjagaan, terutama suhu udara seperti misalnya vaksin dan obat-obatan lainnya. Untuk menjaga kondisi obat - obatan itu tetap baik, dan tidak tergantung dari aliran listrik dari PLN, makanya kita pasang PLTS," sebut Tajri.

BACA JUGA:Pendaftaran Dibuka, Kuota PPK 40 Orang

BACA JUGA:Gebyar HGN Wilayah UPT PUT, Gandeng Pokdarwis Untuk Kenalkan Wisata

Dijelaskannya, ada 9 Puksesmas yang mendapatkan bantuan pemasangan PLTS dari 14 Puskesmas yang ada di kabupaten Kepahiang. Diantaranya, Puskesmas Durian Depun, Puskesmas Cugung Lalang, Puskesmas Kelobak, Puskesmas Pasar Kepahiang dan beberapa puskesmas lainnya.

"Anggarannya ada Rp 8 M lebih, dari DAK,  sementara hanya 9 Puskesmas yang mendapatkan bantuan PLTS itu, 5 Puskesmas lainnya belum," ujarnya.

Disebutkannya, Dinkes Kepahiang juga tengah berusaha agar 5 Puskesmas yang belum mendapatkan bantuan tersebut. Diantaranya Puskesmas Batu Bandung, Muara Langkap, Ujan Mas, Kabawetan dan Puksesmas  Bukit Sari  juga akan mendapatkan bantuan serupa.

BACA JUGA:Pramuka Kwarran Sindang Dataran, Gelar Pelantikan Gudep dan Persami

BACA JUGA:Undian PHS BRI KC Curup Sukses Digelar, Nasabah Unit Merdeka Raih Calya

"Rencananya kita semua Puskesmas dapat bantuan serupa, tapi sayangnya tahun depan (2023, red) DAK kita tidak dapat, syukur-syukur nanti bisa dibantu melalui DAU," harap Tajri.

Dengan adanya pemasangan PLTS disetiap Puskesmas yang ada dalam wilayah kabupaten Kepahiang, diharapkannya, kondisi obat-obatan dapat selalu terjaga, sehingga baik untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkannya. 

Sumber: