TP-PKK Lakukan Optimalisasi Program 10 Pokok

TP-PKK Lakukan Optimalisasi Program 10 Pokok

IST/CE Ketua TP-PKK RL saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Bogor. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 36 Tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Perpres nomor 99 Tahun 2017 tentang gerakan PKK.

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mulai melakukan optimalisasi untuk meningkatkan kapasitas SDM nya. 

Serta melakukan pembenahan untuk 10 program pokok yang dimiliki oleh PKK.

Sebagaimana disampaikan Ketua TP PKK RL Ny Hartini Syamsul SSos MSi, jika dirinya bersama rombongan PKK Kabupaten RL yang berjumlah 40 orang, pada Jum'at 18 November kemarin melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Bogor yang saat ini menjadi langganan juara untuk perlombaan PKK pada tingkat nasional.

BACA JUGA:Pemberkasan DD Ditarget Selesai Bulan Ini

BACA JUGA:Sentra Gakkumdu Terbentuk

"Melihat dari kapasitas SDM yang kita miliki di PKK saat ini, sebenarnya sudah sangat bagus. Hanya saja memang perlu dioptimalisasi lagi dengan melakukan kaji tiru terhadap PKK yang menjadi langganan pada perlombaan PKK tingkat nasional. Dalam hal ini, belum lama ini kami melakukan kunjungan ke Kota Bogor tepatnya di Kelurahan Sindang Barang Kecamatan Bogor Barat," ujar Hartini.

Selain dalam proses melakukan peningkatan SDM, dari hasil kunjungan TP PKK yang dilakukan di Kota Bogor kemarin.

TP PKK RL juga akan segera melakukan pembenahan terhadap 10 program pokok yang dimiliki. Dimana untuk saat ini, masih banyak program PKK RL yang harus segera dibenahi pada setiap pokja nya.

BACA JUGA:4 Desa Blank Spot, Warga Tagih Janji Pemkab

BACA JUGA:FK-BPD Minta Peningkatan Kapasitas SDM

"Sebenarnya potensi pengembangan PKK yang kita miliki saat ini tidak berbeda jauh dengan PKK di Kota Bogor tersebut. Hanya saja memang, perlu dilakukan kaji tiru dan peningkatan SDM agar bisa menerapkan kegiatan atau program yang merupakan potensi di RL," ucap Hartini. 

Masih dikatakan Hartini, berkenaan dengan upaya mewujudkan hal tersebut, dirinya juga meminta agar seluruh TP-PKK di RL dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten dapat bahu membahu dalam meningkatkan program 10 pokok PKK yang ada di RL ini.

Karena untuk menjalankan semua program 10 pokok PKK tersebut, harus dilakukan secara bersama.

"Untuk mewujudkan maupun mengkaji dan meniru program PKK yang dijalankan di Kota Bogor. Itu memang harus dilakukan secara gotong royong. Dimana melalui program 10 Pokok PKK, kita menargetkan di 2024 nanti RL dapat menjadi daerah yang masyarakatnya sehat, religius, dan juga sejahtera. Untuk itulah tujuan utama peningkatan program 10 pokok PKK tersebut," singkat Hartini. 

Sumber: