Target Partisipasi Pemilih Naik 85 Persen

Target Partisipasi Pemilih Naik 85 Persen

JACK/CE Sosialisasi Pendidikan Pemilih yang dilaksanakan KPU Kepahiang rabu (23/11)--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM -  Tingkat kesuksesan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) tidak hanya saja diukur pada kondusifitas wilayah selama tahapan tersebut berlangsung.

Salah satu tolok ukurnya, berapa tingkat partisipasi masyarakat dalam mengunakan hal pilih pada pelaksanaannya.

Karenanya ditegaskan Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, tingkat partisipasi pemilih Pemilu menjadi pekerjaan pihaknya agar setiap pelaksanaan Pemilu dapat selalu dapat ditingkatkan.

"Dalam kurun waktu 10 tahun ini, dari beberapa kali pelaksanaan Pemilu, angka partisipasi Pemilu mengalami kenaikan yang cukup bagus, dibandingkan dengan Pemilu 2009 dan Pilpres 2010, angka golongan putih (Golput, red) cukup tinggi dan menjadi catatan Pelaksanaan pemilu di Indonesia dengan angka golpot tertinggi," ucap Mirzan.

BACA JUGA:46,01 Persen APBD Untuk Belanja Pegawai

BACA JUGA:BLT-BBM, BPNT dan PKH Cair Serentak, Segera Kunjungi Kantor POS

Dijelaskannya, dalam 2 kali pelaksanaan Pemilu terkahir ini Pileg 2019 dan Pilpres 2020, angka partisipasi pemilih sudah menunjukkan angka peningkatan yang cukup signifikan sudah mendekati angka 80 persen secara nasional.

Hal ini tidak lepas dari kerja KPU untuk dapat mengajak pemilih mensukseskan setiap tahapan Pemilu yang berlangsung.

"Pileg 2019 kalau tidak salah angka partisipasi sudah diangka 79 persen, dan Pilpres naik sedikit sudah diangka 80 persen lebih. Untuk Pemilu tahun 2024 mendatang Kami (KPU, red) secara nasional menargetkan angka partisipasi diatas 85 persen," ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut, tegas Mirzan pihaknya, dengan segala kemampuan akan memaksimalkan sosialisasi seluruh tahapan Pemilu 2024 kepada seluruh lapisan masyarakat Kepahiang.

BACA JUGA:Dukung Kedaulatan Pangan, RL Ikuti Penanaman Perdana

BACA JUGA:'Oknum Guru Sunat PIP', Polisi Cium Indikasi Keterlibatan Pihak Lain

"Tapi ini tidak bisa dengan KPU sendiri, peran ormas, stake holder lainnya termasuk kalangan wartawan, juga  kami berharap dapat membantu KPU dalam mensosialisasikan seluruh tahapan hingga dapat diketahui seluruh lapisan masyarakat," harapnya yang disampaikan pada kegiatan sosialisasi tatap muka Pendidikan pemili berbasis keluarga, keagamaan, komunitas, dan warganet, yang  berlangsung Rabu 23 November kemarin.

Sebab sampai Mirzan, pihaknya setiap tahapan pelaksanaan Pemilu di Kepahiang, berharap adanya keterlibatan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya, agar pesan kepemiluan dapat tersampaikan kepada seluruh lapisan mansyarakat di Kepahiang. 

Sumber: