4 Parpol Kembali Diverfak

4 Parpol Kembali Diverfak

DOK/CE Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang, kembali turun melaksanakan verifikasi faktual (Verfak), terhadap 4 Partai Politik (Parpol) calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024.

4 Parpol tersebut yakni PSI, Ummat, PKN dan Garuda. Dengan jumlah keanggotaan yang harus difaktualkan sebanyak  660 orang.

Ketua KPU Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat SSos mengatakan, Verfak yang dilakukan pihaknya merupakan Verfak hasil perbaikan terhadap 4 Parpol calon peserta Pemilu di Kabupaten Kepahiang.

Hasilnya nanti akan menentukan apakah ke 4 parpol tersebut bisa menjadi peserta Pemilu atau tidak pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Yang mana  sesuai dengan syarat ketentuan, Parpol wajib untuk memenuhi syarat minimal dukungan 153 dukungan keanggotaan. 

"Sekarang Verfak sudah berjalan dan hasilnya belum kita ketahui. Karena sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan, Verfak akan berlangsung hingga 7 Desember mendatang dan hasilnya akan disampaikan ke KPU RI, lantaran kita hanya menetapkan MS dan BMS saja," kata Mirzan.

BACA JUGA:Akhiri Sengketa Tabat, Titik Koordinat 6 Desa dan Kelurahan Ditetapkan

BACA JUGA:Windra Gantikan Dayat Jabat Ketua Nasdem

Dalam proses Verfak yang dilakukan pihaknya tetap meminta kepada 4 Parpol di Kabupaten Kepahiang supaya memastikan keanggotaan Parpolnya berada di rumah ketika dikunjungi jajaran KPU Kepahiang. Jangan sampai ketika jajaran KPU Kepahiang mengunjungi rumah anggota Parpol yang masuk dalam keanggotaan orangnya tidak berada di tempat, karena akan menyusahkan Parpol itu sendiri. Verfak masih seperti dulu, ketika orangnya tidak berada di rumah, maka dikumpulkan di sekretariat masing - masing.

"Hari ini (kemarin, red) kita bentuk 2 tim untuk melakukan Verfak dengan mendatangi seluruh rumah yang masuk dalam keanggotaan Parpol," demikian Mirzan. 

Sumber: