Besok Deadline Pengesahan APBD 2023

Besok Deadline Pengesahan APBD 2023

IST/CE Tampak Banggar dan TAPD sedang rapat di ruang rapat Banggar DPRD Rejang Lebong Senin kemarin.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong, Mahdi Husen SH menyebut deadline pelaksanaan ketok palu anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023 paling lambat dilaksanakan pada Rabu 30 November besok. 

"Prinsip pengesahan APBD 2023 selambat-lambatnya kita lakukan di tanggal 30 November ini," sampainya.

Mahdi menerangkan, hari ini (kemarin, red) antara badan anggaran (Banggar) dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) tengah melakukan pembahasan intens terhadap Rancangan APBD 2023. Pembahasan dilakukan tentunya untuk merasionalisasikan dan memfinalkan berapa besaran APBD tahun berikutnya.

BACA JUGA:Windra Gantikan Dayat Jabat Ketua Nasdem

BACA JUGA:Warga Blokir Menara Telekomunikasi, Diduga Terkait Kompensasi

"Bahkan hari ini Banggar bersama dengan TAPD lagi menggodok APBD 2023. Dan sampai detik ini sekira pukul 16.00 (kemarin, red) belum ada keputusan ataupun ketetapan. Karena pembahasan masih berlangsung," bebernya.

Sebagaimana diketahui, kata Mahdi, dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu terdapat defisit sebesar Rp 109 miliar. Angka itulah yang kini tengah diupayakan agar bisa diminimalisir. Program kegiatan yang dirasa tidak selaras dengan visi misi Pemda Rejang Lebong sebisa mungkin tidak diakomodir.

"Balik lagi angka defisit yang besar itu bagaimana caranya saat ini sedang diminimalisir, bahkan kalau bisa dinolkan. Secara prinsip, program-program prioritas dimasukkan agar terlaksana," ucapnya.

BACA JUGA:Roadshow Lomba Mewarnai CE, Sambangi SD 77 Rejang Lebong

BACA JUGA:Oknum Camat VCS, Langgar Kode Etik ASN

Selain itu Politisi Golkar itu melanjutkan, diharapkan sejumlah pokok pikiran (pokir) yang diusulkan oleh anggota DPRD dalam pembahasan APBD 2023 ini bisa terakomodir.

"Kami harapkan ketika APBD tahun 2023 ini disahkan, ada pokir dewan yang masuk dan terakomodir," ujarnya.

Ini menurutnya, pasti dari masing-masing anggota DPRD ada yang mengusulkan pokir. Meskipun tidak semua pokir bisa dimasukkan, namun paling tidak ada beberapa yang bisa terakomodir agar bisa masuk APBD 2023 dan direalisasikan. (CE9) 

Sumber: