4 Kecamatan Manfaatkan Subsidi Banpok

4 Kecamatan Manfaatkan Subsidi Banpok

JHON/CE Aktivitas pelaku usaha di Kecamatan Curup Utara saat belanja banpok yang disubsidi Jumat kemarin.--

REJANG LEBONG,CURUP EKSPRESS.COM - Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di 4 wilayah kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong sudah memanfaatkan bantuan subsidi bahan pokok (Banpok) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong.

Dikatakan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Kabupaten Rejang Lebong, Dra Upik Zumratulaini MSi melalui Kabid Perdagangan, Samsul Bahri, sebanyak 4 kecamatan yang sudah memanfaatkan bantuan tersebut diantaranya Kecamatan Curup, Kecamatan Curup Tengah, Kecamatan Curup Timur dan Kecamatan Curup Utara.

BACA JUGA:Tak Beri Kontribusi, PT TUMS Dilapor ke APH

BACA JUGA:Celengan Masjid Digasak Maling, Pelaku Terekam CCTV

"Dari 15 kecamatan yang ada, sudah 4 wilayah yang UMKM di dalamnya sudah memanfaatkan bantuan subsidi banpok," sampainya.

Samsul melanjutkan, kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 12 Desember mendatang. Artinya UMKM di 11 kecamatan lainnya akan digilir untuk segera mendapat bantuan tersebut.

Dijelaskannya, kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menekan laju inflasi yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana Pemkab Rejang Lebong telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 787 juta untuk pemberian bantuan subsidi bahan pokok (Banpok) kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

BACA JUGA:Kader TPK Diminta Aktif, Atasi Stunting

BACA JUGA:5 Organisasi Dapat Kucuran Hibah Rp 1 M

"Anggaran yang dikucurkan kurang lebih sebesar Rp 787 juta untuk menekan angka inflasi yang terjadi di daerah," ungkapnya. 

Dipaparkannya, adapun banpok yang akan disubsidi kan oleh Pemkab antara lain telur sebesar Rp 26.000 per karpet dengan ketersedian sebanyak 6.000 karpet. Lalu gula pasir disubsidi sebesar Rp 7.000 perkilo dengan ketersediaan banpok sebanyak 15.000 kilogram, beras premium disubsidi sebesar Rp 6.500 perkilo dengan ketersedian sebanyak 10.500 kilogram, terigu disubsidi Rp 7.000 perkilo dengan ketersediaan sebanyak 6.750 kilogram, bawang merah subsidi Rp 15.000 perkilo dengan ketersediaan sebanyak 4.260 kilogram, bawang putih subsidi Rp 11.000 perkilo dengan ketersediaan sebanyak 1.500 kilogram dan terakhir minyak curah subsidi Rp 8.000 perkilo dengan ketersediaan sebanyak 40.200 kilogram.

"Semuanya banpok yang disubsidi kan ini ada 7 macam banpok, yakni telur, gula pasir, beras premium, terigu, bawang merah, bawang putih dan minyak curah," paparnya.

BACA JUGA:Soal Penyertaan Modal Manajemen PDAM Lapang Dada

Dikatakan Samsul, sosialisasi akan mulai dilakukan mulai 28 November sampai dengan 12 Desember mendatang. Dengan waktu pelayanan mulai pukul 8 pagi sampai jam 4 sore.

Lanjutnya, bagi pelaku UMKM yang ingin mendapat bantuan subsidi tersebut mesti memenuhi persyaratan antara lain memiliki surat keterangan usaha dari kades/lurah atau nomor izin berusaha (NIB), berdomisili di wilayah kecamatan dibuktikan dengan fotokopi KTP, dan tempat usaha ril dengan melampirkan foto tempat usaha. 

Sumber: