Pilkades PAW Embong Ijuk Digelar 13 Desember, Diikuti 2 Calon

Pilkades PAW Embong Ijuk Digelar 13 Desember, Diikuti 2 Calon

ILUSTRASI/NET--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Diketahui bersama Desa Embong Ijuk Kecamatan Bermani Ilir Kepahiang, telah mengalami kekosongan pemerintahan sejak pertengahan tahun 2022 ini.

Ini setelah kepala desa (Kades) terpilih pada gelaran pemilihan kepala desa (Pilkades) 2021 lalu, berhalangan tetap karena meninggal dunia. 

Mengisi kekosongan jabatan Kades setempat itulah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang memfasilitasi desa tersebut untuk melaksanakan Pilkades pergantian antar waktu (PAW) sisa jabatan 2021-2027.

Disampaikan Kabid Pembinaan Pemerintahan Desa pada PMD Kepahiang, Very Susanto SSos, hasil musyawarah desa setempat, pelaksanaan Pilkades PAW baru akan digelar pada Minggu, 13 Desember pekan depan.

BACA JUGA:PAD PAP Ditargetkan Tembus Rp 2 Miliar

BACA JUGA:Tempo 11 Bulan, 1.000 Warga Meninggal Dunia

"Sesuai dengan aturan, pada desa yang mengalami kekosongan jabatan kadesnya karena berhalangan tetap, pengisian jabatan dari sisa waktu jabatan dapat dilakukan dengan Pilkades PAW. Dasar ini lah, kami meminta BPD setempat untuk dapat mengelar Pilkades PAW untuk memilik kades yang akan mengisi jabatan itu sampai dengan waktu jabatan kades berakhir," kata Very.

Dijelaskannya, hasil musyawarah desa, yang difasilitasi pihaknya, Pilkades PAW akan digelar pada 13 Desember mendatang.

"Karena hanya Pilkades PAW, pelaksanaannya tidak sama dengan pelaksanaan Pilkades umumnya, yang mana pemilik hak suara hanya diwakili oleh KK saja, jadi tidak seluruh masyarakat memiliki," jelasnya.

BACA JUGA:Bagi Raport Tanggal 24 Desember

BACA JUGA:Seragam Gratis Dijahit di Solo

Masih dikatakan Very, hasil penjaringan yang sudah dilakukan panitia Pilkades setempat, pelaksanaan Pilkades PAW Desa Embong Ijuk, diikuti dua calon diantaranya Damsir dan Diana Harianti.

"Harapan kami Pilkades PAW ini bisa dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat terpilih Kades yang difenitif, sehingga roda pemerintahan dapat kembali berjalan dengan kondusif,'' demikian Very. 

Sumber: