Pemkab Lepas Keberangkatan 50 Jamaah Umroh Gratis

Pemkab Lepas Keberangkatan 50 Jamaah Umroh Gratis

NICKO/CE Bupati Rejang Lebong Drs H Syamsul Effendi MM saat memberikan sambutan pada pelepasan jamaah umrah.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, pada Selasa 6 Desember kemarin melakukan pelepasan keberangkatan 50 jamaah umrah umrah gratis.

Dimana pelepasan tersebut, dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Curup dan dibuka secara langsung oleh Bupati Rejang Lebong DRS H Syamsul Effendi MM.

Disampaikan bupati, umrah gratis yang diberikan tersebut merupakan visi dan misi yang sudah dicanangkan dirinya bersama Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah.

BACA JUGA:Lagi, Temuan Mayat Buat Heboh!

BACA JUGA:Innalillahi, Hj Netty Gamal Tutup Usia

Yang mana keberangkatan umrah tersebut, dibiayai oleh Pemkab Rejang Lebong melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2022.

"Untuk di Tahun 2022 ini, kita hanya menyediakan sebanyak 50 kuota umrah gratis untuk para jemaah berprestasi di Rejang Lebong. Memang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya kuota yang Pemkab berikan menurun, dimana sebelumnya kuota umrah gratis yang disediakan sebanyak 100 kuota. Hal tersebut lantaran minimnya anggaran yang kita miliki lantaran dampak Covid-19 selama 2 tahun kebelakang," sampai bupati.

BACA JUGA:Pilkades Serentak Bulan Juni 2023

BACA JUGA:Pembobol Celengan Masjid Diringkus Polisi, Tsk Residivis Spesialis 363

Dikatakan bupati, meskipun kuota jamaah umroh yang disediakan Pemkab Rejang Lebong jumlahnya menurun. Diharapkan tidak mengurangi makna dari pemberian umrah gratis itu sendiri.

Karena para jamaah umroh yang diberangkatkan tersebut adalah orang-orang terpilih yang diseleksi melalui beberapa tahapan tes dan pemberkasan.

"Untuk kuota umrah gratis yang disediakan memang hanya untuk 50 orang. Namun kedepannya kami akan terus meningkatkan dan menambah lagi kuota umrah gratis yang disediakan di Rejang Lebong ini. Yang jelas di Tahun 2023 mendatang, kami akan mengupayakan agar kuota jamaah umrah bisa ditambah lagi," ucap bupati

Melalui momen tersebut bupati juga mengharapkan, agar para jemaah umrah yang berangkat umrah ketanah suci. Dapat memanfaatkan momen tersebut untuk beribadah dan berdoa dengan khusuk nantinya.

BACA JUGA:Polisi Amankan Tuak di Tempat Karaoke

BACA JUGA:Waspada Peningkatan Inflasi 2023, Sekda: OPD Harus Inovatif

Dan kembali ke Tanah Air khususnya Rejang Lebong sebagai jamaah umrah yang mabrur.

"Saya pikir momen ini adalah momen yang terjadi hanya satu kali seumur hidup. Karena jamaah yang belum pernah menunaikan haji dan umrah saja yang berkesempatan untuk melaksanakan umrah tersebut. Untuk itu kami berharap, agar momen tersebut dapat dilaksanakan dan dijalankan dengan baik. Terlepas dari itu, kami mengharapkan agar sepulangnya dari Tanah Suci mekkah nanti para jamaah dapat menjadi jamaah umroh yang mabrur," terang bupati.

Sementara itu disampaikan Kabag Kesra Herwin Wijaya Kusuma MPdI menyampaikan, dari 50 jamaah umrah yang diberangkatkan.

Itu terdiri dari 12 orang perempuan dan juga 38 orang laki- laki. Sehingga bisa dikatakan jumlah jamaah umrah yang diberangkatkan lebih dominan yang laki-laki.

Dan juga masing-masing jamaah diberikan uang saku sebesar Rp 1 juta dan diberikan fasilitas sejak awal keberangkatan hingga kepulangannya nanti. 

BACA JUGA:Tidak Ikuti CAT, Calon Anggota PPK Otomatis Gugur

BACA JUGA:Jatah Pupuk Subsidi 10.588 Ton

"Sesuai dengan data para pendaftar sejak awal dan sesi tes yang diikuti, kuota umrah gratis yang Pemkab sediakan hanya 50 orang. Namun 

banyak wanita atau laki-lakinya tersebut tergantung dari hasil tes yang diikuti para jamaah umrah beberapa waktu lalu," sampai Herwin.

Selain itu masih dikatakan Herwin, para jamaah umrah Rejang Lebong baru akan diberangkat ketanah suci Mekkah pada Rabu 6 Desember hari ini. Dimana untuk kemarin, para jamaah diberikan waktu istirahat terlebih dahulu di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Provinsi Bengkulu.

"Hari ini para jamaah umrah kita berangkat ke tanah suci Mekkah untuk menjalankan ibadah. Karena nya kemarin kami memberikan waktu istirahat untuk para jamaah agar kondisi tubuh mereka lebih fit setibanya di Tanah Suci Mekkah nanti," singkat Herwin.

Sumber: