Dusun Curup Langganan Banjir, Minta Pemkab Berikan Perhatian Lebih

Dusun Curup Langganan Banjir, Minta Pemkab Berikan Perhatian Lebih

DOK/CE Lurah Kelurahan Dusun Curup Charles Ariyanto SSos--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Menjadi salah satu kelurahan yang menjadi langganan banjir di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Pemerintah Kelurahan Dusun Curup Kecamatan Curup Utara mengharapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong dapat memberikan bentuk perhatian yang lebih untuk mengatasi permasalahan banjir yang selama ini terjadi di wilayah Kelurahan Dusun Curup.

Sebagaimana disampaikan Lurah Kelurahan Dusun Curup Charles Ariyanto SSos, jika jauh sebelum era kepemimpinannya, Kelurahan Dusun Curup sudah menjadi langganan banjir.

Dan banjir merupakan permasalahan utama yang kerap terjadi disaat hujan deras yang turun secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Pemkab Berencana Datangkan UAS

BACA JUGA:Waktu Tinggal 1 Pekan, 19 Desa Belum Ajukan DD Tahap III?

"Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Dusun Curup adalah satu daerah yang merupakan langganan banjir di Rejang Lebong. Sehingga memang membutuhkan perhatian khusus dari Pemkab Rejang Lebong untuk melakukan perbaikan terkait dengan permasalahan banjir yang terjadi," ujarnya.

Dikatakan Charles, ada dua permasalahan yang menjadi PR Pemkab RL untuk melakukan perbaikan dalam penanganan banjir di Dusun Curup.

Yakni perombakan gorong-gorong trotoar yang sudah dangkal di arah kampus IAIN Curup. Dan juga pengerukan serta pelebaran aliran sungai musi yang ada di Dusun Curup.

"Jika melihat dari banjir yang kerap terjadi di Dusun Curup, itu penyebabnya adalah gorong-gorong yang sempit dan juga sangat yang sudah tidak bisa menampung lagi air dalam jumlah banyak disaat hujan berkelanjutan. Untuk itu dua hal tersebut perlu diperbaiki secara keseluruhan," ucapnya.

BACA JUGA:Dijerat UU Perlindungan Anak, Oknum Pimpinan Ponpes Terancam 15 Tahun Penjara

BACA JUGA:Angin 49 Km/Jam Hantam Curup dan Kepahiang, BMKG: Itu Hanya Angin Biasa

Masih dikatakan Charles, memang dilihat dari kondisi dan keadaan keuangan Pemkab Rejang Lebong saat ini.

Tidak memungkinkan untuk melakukan perbaikan dalam waktu beberapa tahun ke depan, namun dirinya berharap, agar permasalahan banjir yang kerap terjadi ini bisa segera mendapatkan penanganan khusus dari Pemkab Rejang Lebong.

"Sejauh ini kami terus mengajukan dan mengusulkan penanganan banjir ini pada momen Musrenbang dan juga rapat pertemuan lainnya. Namun sampai saat ini memang belum nampak perkembangannya. Akan tetapi, kami akan terus melakukan pengusulan agar hal ini bisa ditangani dengan baik," sampai Charles.

Adapun beberapa hal yang dilakukan pihak Kelurahan Dusun Curup untuk mengantisipasi terjadi banjir berkelanjutan sambung Charles.

BACA JUGA:BRI KC Curup Kampiun Ganda Putra Beregu, Kejuaraan Bulu Tangkis Bupati dan Kajari Cup

BACA JUGA: Serapan DAK Fisik RL 73,12 Terendah

Dengan cara tidak membuang sampah di sembarangan tempat, dan juga selalu melaksanakan gotong royong secara rutin untuk membersihkan gorong-gorong.

"Sembari menunggu usulan kami bisa direalisasikan, kami akan melakukan semua upaya semampu kami untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang besar. Namun hal itu sifatnya hanya sementara, karena meskipun hal tersebut kami lakukan, banjir akan tetap merugikan warga kami jika curah hujan terus berkelanjutan," singkat Charles. 

Sumber: