9 SMP Bakal Terima DAK 2023

9 SMP Bakal Terima DAK 2023

DOK/CE Sekolah Penerima DAK 2022.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong memastikan bahwasanya sebanyak 9 sekolah tingkat Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun swasta bakal menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 mendatang.

Jumlah tersebut sudah menjadi keputusan final setelah sebelumnya pada tahapan awal sudah ditetapkan sebanyak 7 sekolah mendapatkannya.

Akan tetapi setelah mengalami revisi akhir, sehingga terjadi penambahan 2 sekolah yang bakal mendapatkan bantuan DAK 2023 tersebut.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KadisDikbud) Rejang Lebong, Reza Pakhlevi SH melalui Kepala Bidang SMP Dikbud RL, Dedi Warsito SP kepada wartawan pada Jumat 30 Desember kemarin.

BACA JUGA:Serapan DAK Curup, Lebong, Kepahiang Dibawah 100 Persen

BACA JUGA:Dewan Minta Seragam Gratis Tidak Berpolemik

"Insyaallah pada tahun 2023 mendatang, dipastikan sebanyak 9 SMP yang bakal dibantu dengan menggunakan anggaran DAK 2023," ujar Dedi.

Dikatakannya bahwasanya sebelumnya sudah ada 7 sekolah yang bakal mendapatkan bantuan DAK tersebut. Sekolah tersebut diantaranya yakni

SMPIT Rabbi Radhiyya, SMPIT Khoiru Ummah, SMPN 16 RL, SMPN 21 RL, SMPN 23 RL, SMPN 24 RL, SMPN 28 RL akan tetapi setelah mengalami Revisi akhir sehingga terjadi penambahan sebanyak 2 SMP yakni SMPN 2 Rejang Lebong dan SMPN 12 Rejang Lebong.

"Setelah Revisi akhir selain terjadi penambahan Sekolah penerima juga terjadi penambahan anggaran, yang sebelumnya hanya Rp 5.777.060.000 dan setelah mengalami revisi saat ini sudah mencapai Rp. 6.254.837.000," terangnya.

BACA JUGA:6 Poin Ini Dilarang Saat Tahun Baru

BACA JUGA:Asik.. Dana BOS Naik Rp 700 Juta

Sementara Dedi juga memaparkan bahwasanya pada tahun 2023 mendatang Anggaran DAK tersebut nantinya akan berfokus kepada 4 paket pengadaan maupun perbaikan fisik sekolah yakni Labor Komputer, laboratorium IPA, Ruangan UKS, dan Toilet.

"Karena pada tahun 2023 penerapan DAK menggunakan prinsip ketuntasan, jadi selain perehaban maupun pengadaan fisik bangunan sekolah, melalui DAK tahun 2023 nanti juga akan memberikan sarana pendukung dari ke 4 paket tersebut, seperti halnya kursi dan meja, sehingga nantinya setelah selesai dilaksanakannya  pengerjaan proyek DAK tersebut, dipastikan semua sekolah sudah siap memanfaatkanya karena sudah lengkap segi bangunan maupun sarananya," jelasnya.

Adapun untuk semua tahapan penerapan DAK tersebut yang akan dimulainya perencanaannya pada saat triwulan pertama tahun 2023 mendatang, kemudian setelah melaksanakan proses perencanaan pihaknya akan melaksanakan tahapan tender pada akhir triwulan pertama yang kemungkinan akan menggunakan waktu minimal satu bulan, setelah proses tender baluran DAK tersebut nantinya akan memasuki proses Kontrak yang diperkirakan akan di mulai pada triwulan ke 2, setelah proses kontrak tersebut selesai dilaksanakan barulah bisa dilaksanakan proses pengerjaan.

BACA JUGA:ASN Dilarang Tambah Libur Tahun Baru

BACA JUGA:40 Reklame Disegel Lantaran Nunggak Pajak

"Untuk pengerjaan Proyek DAK tahun 2023 mendatang, kontrak waktu pengerjaan akan dilaksanakan selama 120 hari kerja yang ditargetkan akan selesai pada Oktober hingga November mendatang," paparnya.

Sumber: