Asik.. Dana BOS Naik Rp 700 Juta

Asik.. Dana BOS Naik Rp 700 Juta

Kepala Bidang Pendidikan Dikbud Lebong, Habibi SPd--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong menyampaikan besaran alokasi dana sekolah (Bantuan Operasional Sekolah, red) untuk tahun 2023 dipastikan naik.

Kenaikan tersebut berdasarkan informasi dari pihak Dikbud mencapai Rp 700 juta atau dengan total keseluruhan yang diterima pihaknya sebesar Rp 61 Miliar. 

"Jumlah itu meningkat sebesar Rp. 700 juta dari alokasi Dana Bos yang di terima tahun 2022 sebesar Rp. 15,4 Miliar," sampai Kepala Bidang Pendidikan Dikbud Lebong, Habibi SPd kepada CE. 

Menurut Habibi, alokasi dana BOS sebesar Rp. 61 Miliar itu nantinya akan di peruntukkan bagi 93 sekolah tingkat SD dan 26 sekolah tingkat SMP yang tersebar di 12 kecamatan.

BACA JUGA:Camat Diminta Segera Usulkan Nama Calon Pjs Kades

BACA JUGA:Aduh.. Oknum PNS Tepergok Maling

Namun terkait aturan penyaluran di tahun mendatang akan terjadi perubahan jika bandingkan tahun ini.

"Jika tahun ini penyaluran sebanyak 3 tahap, di tahun mendatang hanya dua tahap saja," ucapnya.

Lebih jauh ia menambahkan mekanisme penyaluran tahun mendatang untuk tahap 1 itu akan disalurkan sebesar 50 persen pada awal Januari.

Sedangkan tahap 2, sebesar 50 persen akan disalurkan paling cepat bulan Juli melalui rekening satuan pendidikan.

BACA JUGA:Ini Keuntungan Fulfillment by Blibli, Bantu Seller Kelola Bisnis dengan Mudah

BACA JUGA:BMKG: Waspada Cuaca Buruk Tahun Baru

"Perlu di catat untuk mendapatkan dana bos tahap pertama setiap sekolah wajib melaporkan realisasi keseluruhan di tahun anggaran 2022, karena hasil laporan tahunan merupakan persyaratan untuk distribusi penyaluran dana BOS tahap selanjutnya," jelasnya.

Kemudian untuk sistem pelaporan yang akan digunakan sekolah pada tahun mendatang tidak lagi menggunakan dua kanal yaitu laman bos.kemdikbud.go.id dan aplikasi RKAS. Namun hanya melalui aplikasi RKAS.

"Hal ini sudah menjadi ketentuan yang di berlakukan oleh Kemendikbud, agar lebih memudahkan pihaknya dalam melakukan audit," singkatnya.

Sumber: