Cuma Dengan 10 Cara Ini, Bisnis Online Kamu Bisa Melejit!

Cuma Dengan 10 Cara Ini, Bisnis Online Kamu Bisa Melejit!

ILUSTRASI/NET Tips Bisnis Online Kamu Bisa Melejit!--

Apakah orang-orang makan di restoran semakin banyak dari waktu ke waktu?

Atau apakah pasar berpotensi menyusut karena konsumen memanfaatkan layanan pengiriman bahan makanan

Bagian 2 - Target pasar

Di sinilah kamu menjelaskan siapa pelanggan ideal.

Kamu akan melihat dan memahami dengan detail dari target pasar kamu.

Ada beberapa komponen yang ada di target pasar. Berikut adalah komponen dari target pasar:

  • Ukuran pasar: Tidak seperti ukuran industri, yang biasanya diukur dalam uang, ukuran pasar kamu adalah berapa banyak pelanggan potensial yang ada untuk produk atau layanan kamu.
  • Demografi: Uraikan usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, dan banyak lagi khas pelanggan kamu. Jika Anda bisa melukis gambar pelanggan sempurna kamu, di sinilah kamu akan menggambarkan seperti apa mereka.
  • Lokasi: Jika kamu menemukan pelanggan di lokasi atau wilayah tertentu, jelaskan di sini.
  • Psikografis: Jelaskan suka dan tidak suka pelanggan kamu. Cara yang lebih baik untuk berpikir tentang psikografi adalah dengan memikirkan gaya hidup dan kepribadian pelanggan kamu.
  • Perilaku: Ini pada dasarnya adalah perpanjangan dari beberapa informasi psikografis kamu. Jelaskan bagaimana pelanggan kamuberbelanja dan membeli produk milik kamu.
  • Tren: Perilaku pelanggan selalu berubah. Jika ada tren yang kamu perhatikan dengan target pasar kamu.

Tidak masalah  jika kamu memiliki berbagai jenis pelanggan.

Ketika kamu memiliki lebih dari satu jenis pelanggan, kamu melakukan apa yang disebut segmentasi pasar.

Di sinilah Anda mengelompokkan jenis-jenis pelanggan yang serupa ke dalam segmen dan menggambarkan komponen dari setiap segmen.

Bagian 3 - Persaingan

Analisis pasar kamu tidak lengkap tanpa memikirkan pesaing kamu.

Selain mengetahui bisnis apa yang kamu lawan, analisis persaingan yang baik akan menunjukkan kelemahan pesaing yang dapat kamu manfaatkan.

Dengan pengetahuan ini, kamu dapat membedakan diri dengan menawarkan produk dan layanan yang mengisi kesenjangan yang belum ditangani pesaing.

Ketika kamu menganalisis kompetisi, kamu harus melihat beberapa hal berikut:

  • Persaingan langsung: Ini adalah perusahaan yang menawarkan produk dan layanan yang sangat mirip. Pelanggan potensial kamu saat ini mungkin membeli dari perusahaan-perusahaan ini.
  • Pesaing tidak langsung: Pikirkan persaingan tidak langsung sebagai solusi alternatif untuk masalah yang kamu selesaikan. Ini sangat berguna dan penting bagi perusahaan yang menciptakan produk atau layanan baru. Misalnya, perangkat lunak manajemen online pertama tidak bersaing dengan pengelola tugas online lainnya, ia bersaing dengan laporan kertas, catatan yang di tempel, dan daftar hal-hal yang harus dikerjakan secara analog lainnya.
  • Bagaimana kamu berbeda: kamu tidak ingin sama dengan kompetitor. Pastikan untuk membahas bagaimana perusahaan, produk, atau layanan kamu berbeda dari apa yang ditawarkan pesaing. Untuk jenis bisnis umum, seperti salon rambut, diferensiasi Anda mungkin lokasi, jam, jenis layanan, suasana, atau harga.
  • Hambatan : Jelaskan perlindungan apa yang kamu miliki untuk mencegah perusahaan baru bersaing dengan Anda. Mungkin kamu memiliki lokasi yang bagus, atau mungkin kamu memiliki paten yang membantu melindungi bisnis kamu.

Bagian 4 - Harga dan perkiraan

Sumber: