Jumlah TPS Diperkirakan Bertambah

Jumlah TPS Diperkirakan Bertambah

DOK/CE Supran Efendi SSosI MPd--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Kepahiang diperkirakan akan bertambah.

Dibanding jumlah pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu, yang total TPS nya sebanyak 517 TPS, dalam Pemilu 2024 ini bertambah kisaran 30 TPS sehingga menjadi 547 TPS. 

Namun jumlah penambahan TPS di Pemilu 2024 mendatang belum final dan masih akan ada pembahasan lanjutan.

Disampaikan Komisioner KPU Kepahiang Supran Efendi SSosI MPd, jumlah TPS di Pemilu 2024 bertambah lantaran bertambahnya jumlah penduduk pendatang yang masuk di Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Dewan Dukung Penambahan TPS

BACA JUGA:Ada Potensi Jumlah TPS Bertambah

Sehingga wajar saja jika jumlah TPS diperkirakan bertambah.

"Dibanding dengan Pileg pada tahun 2019 lalu, memang diperkirakan di Pemilu 2024 ini TPS bertambah. Namun sampai saat ini kita belum bisa memastikan berapa jumlah keseluruhan TPS nantinya. Karena kalau berdasarkan estimasi sementara, jumlah TPS yang terdata saat ini sebanyak 547 TPS," ujar Supran.

Dikatakan Supran, jumlah keseluruhan TPS nantinya akan ditentukan dengan melihat jumlah pemilih di Kabupaten Kepahiang.

Dimana akan dilakukan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) melalui aplikasi.

BACA JUGA:Anggaran Perluasan Lahan TPST Disiapkan Rp 500 Juta

BACA JUGA:Mahdi Dorong Maksimalkan Penanganan Stunting dan Kemiskinan

Yang mana untuk memastikan jumlah pemilih nantinya, itu akan dilaksanakan langsung oleh Petugas Pemutakhiran Data pemilih (Pantarlih) terlebih dahulu.

"Yang jelas kita selesaikan dulu perekrutan Pantarlih. Karena Pantarlih lah yang nantinya akan bertugas melakukan pendataan di masing-masing desa untuk menentukan berapa banyak jumlah TPS yang dibutuhkan pada Pemilu 2024 mendatang," sampainya.

Sumber: