Dinsos Usulkan 1.160 Bantuan RST, untuk Rutilahu

Dinsos Usulkan 1.160 Bantuan RST, untuk Rutilahu

IST/CE Kunjungan pihak Dinsos ke salah satu rumah yang diusulkan untuk mendapatkan program RST.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Upaya menekan angka kemiskinan yang ada di wilayah Kabupaten Kepahiang, tahun ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang kembali mengusulkan bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) kepada Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Dimana jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini jumlah usulan RST yang diusulkan sebanyak 1.160 unit rumah untuk direhab ataupun diperbaiki.

Disampaikan Kepala Dinsos Kepahiang Helmi Johan MPd, jika program RST tersebut dilakukan secara rutin setiap tahunnya untuk menekan angka kemiskinan yang ada.

Dengan cara meningkatkan kualitas tempat tinggal melalui perbaikan atau rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai, dinding serta fasilitas MCK.

BACA JUGA:GOR Tebat Monok Diwacanakan Dikelola Pihak Ketiga

BACA JUGA:KPU Vermin Perbaikan 322 Dukungan, Dari 4 Calon Anggota DPD

"Untuk tahun ini, kita mengusulkan sebanyak 1.160 Rutilahu yang akan diperbaiki. Dimana jumlah tersebut, berdasarkan usulan yang dilakukan pihak desa sesuai dengan data yang didapat di lapangan," ujar Helmi.

Dikatakannya, sebanyak 1.160 Rutilahu yang diusulkan untuk mendapat program RSt tersebut sifatnya baru sebatas pengusulan.

Sehingga belum bisa diketahui berapa jumlah pasti yang akan direalisasikan.

Karena berkaca dengan tahun sebelumnya, dari banyaknya jumlah Rutilahu yang diusulkan untuk diperbaiki, hanya ada sekitar 83 rumah yang mendapatkan rehabilitasi dari pihak Kemensos.

BACA JUGA:2 Madrasah Swasta Ajukan Alih Status

BACA JUGA:Jumlah TPS Diperkirakan Bertambah

"Dengan banyaknya jumlah usulan yang diserahkan oleh pihak desa dan kelurahan di Kabupaten Kepahiang ini, kita hanya bisa berupa mengusulkannya dengan pihak Kemensos. Yang jelas saya berharap, jumlah itu meningkat lebih banyak dibanding sebelumnya. Mengingat kebutuhan masyarakat dalam rangka penanganan kemiskinan cukup banyak di Kepahiang ini," sampainya.

Adapun beberapa kriteria rumah penerima bantuan RST sambung Helmi, antara lain seperti dinding atau atap rumah dalam kondisi rusak yang dapat membahayakan keselamatan penghuni.

Sumber: