Bawaslu Minta Pencoklitan Data Pemilih Dilakukan Maksimal

Bawaslu Minta Pencoklitan Data Pemilih Dilakukan Maksimal

NICKO/CE Suasana proses pendataan dan pencoklitan.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepahiang meminta, agar proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dapat dilakukan secara maksimal.

Sebagaimana dikatakan Komisioner Bawaslu Kepahiang Zaynal SPd, jika panitia Pantarlih harus melakukan pendataan dari rumah ke rumah jangan sampai ada yang terlewatkan.

Karena setiap warga yang sudah memenuhi persyaratan untuk memilih di Kabupaten Kepahiang ini semuanya harus terdata sebagai pemilih untuk Pemilu 2024 nanti.

"Sebagai pengawas Pemilu, kami akan pastikan setiap tahapan yang dikerjakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjalan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, termasuk pendataan coklit yang dilakukan oleh panitia Pantarlih," ujar Zaynal.

BACA JUGA:Sidak DLH dan Tipidter, Pabrik Tahu Buang Limbah ke Sungai

BACA JUGA:5 Fraksi Setujui Pembentukan 3 Raperda Lanjutan

Dikatakan Zaynal untuk pengawasan yang dilakukan terhadap pencoklitan yang dilakukan panitia Pantarlih.

Pihaknya melalui Panwascam akan melakukan pengawasan secara langsung ke TPS-TPS yang ada di desa dan kelurahan unyuk memastikan pendataan coklit yang dilakukan maksimal atau tidak.

"Dalam pengawasan, kami juga menempatkan anggota Panwascam di masing-masing desa h tuk mengawasi secara langsung pendataan coklit yang dilakukan panitia Pantarlih. Sehingga kami juga akan mengetahui secara langsung, panitia Pantarlih menjalankan tugasnya sesuai aturan atau tidak" ucap Zaynal.

Zaynal juga mengatakan, jika nanti pihaknya menemukan ada rumah yang tidak didatangi oleh panitia Pantarlih untuk pendataan coklit.

BACA JUGA:Kasus Pencabulan di Ponpes Segera Disidang

BACA JUGA:Renggut Nyawa Korban, Pelaku Penganiayaan Terancam 15 Tahun Penjara

Pihaknya akan memberikan teguran agar pencoklitan diulang kembali, dan dilaksanakan hingga semua pemilih terdaftar.

"Jika nanti kita temukan pendataan coklit tidak merata, maka kami akan meminta petugas Pantarlih untuk mengulang pendataannya hinga tuntas. Karena sebagai sampelnya, kami juga akan melakukan pencocokan data dari setiap TPS yang sudah tersedia," ucapnya.

Sumber: