Verfak Dukungan Balon DPD RI Terhenti Sementara, Begini Penjelasan KPU

 Verfak Dukungan Balon DPD RI Terhenti Sementara, Begini Penjelasan KPU

DOK/CE SUPRAN EFENDI--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM  - Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap dukungan Bakal Calon (Balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Kabupaten Kepahiang saat ini terhenti sementara.

Dikatakan Komisioner KPU Kepahiang Supran Efendi SSosI MPd, Verfak belum bisa diselesaikan lantaran selama seminggu belakangan ini aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) masih gangguan atau eror.

Padahal aplikasi SILON merupakan dasar jajaran KPU Kepahiang untuk melakukan verfak, lantaran sejumlah data berada dalam aplikasi SILON tersebut.

"Sesuai dengan tahapannya, pelaksanaan Verfak tahap satu ini akan berakhir 26 Februari mendatang. Tapi hingga sekarang kita belum melanjutkan kembali, dengan alasan aplikasi sedang eror. Namun sampai saat ini juga kami belum tahu pasti apakah nantinya akan diperpanjang atau tidak," ujar Supran.

BACA JUGA:Sidak DLH dan Tipidter, Pabrik Tahu Buang Limbah ke Sungai

BACA JUGA:5 Fraksi Setujui Pembentukan 3 Raperda Lanjutan

Masih dikatakan Supran, dengan aplikasi yang masih gangguan atau eror ini.

Pihaknya juga belum mengetahui jumlah pasti untuk dukungan dari masyarakat Kepahiang yang sudah dilakukan Verfak.

Hanya saja dirinya menjelaskan, pihaknya akan memastikan jika aplikasi kembali normal, Verfak akan segera dilanjutkan.

"Apabila aplikasi kembali normal, secepatnya kami akan melanjutkan Verfak kembali," ucapnya.

BACA JUGA:Kasus Pencabulan di Ponpes Segera Disidang

BACA JUGA:Renggut Nyawa Korban, Pelaku Penganiayaan Terancam 15 Tahun Penjara

Selain itu Supran juga mengingatkan, jika nantinya Verfak berlanjut kembali, pihaknya berpesan kepada masing-masing Balon DPD RI yang mendapatkan dukungan dari masyarakat Kepahiang, supaya memastikan masyarakat tersebut berada di rumah ketika dilakukan Verfak.

"Untuk total dukungan yang kita Verfak sebanyak 1.408 dukungan tergabung dalam 12 Balon DPD RI, hanya saja untuk progresnya sendiri kita belum bisa menjelaskan. Yang jelas kita berharap, ketika Verfak dilanjutnya, pastikan masyarakat yang memberikan dukungan berada di rumah, sehingga mempermudah dalam proses Verfak dan hasil bisa kita dapatkan," singkat Supran.

Sumber: