Hari Ini PPDB SD dan SMP Dimulai, Sekolah Dilarang Laksanakan Tes Calistung

Hari Ini PPDB SD dan SMP Dimulai, Sekolah Dilarang Laksanakan Tes Calistung

ILUSTRASI/NET--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Senin (3/7) hari ini masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 di Kabupaten Rejang Lebong dimulai. PPDB tersebut untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar(SD). 

Adapun pelaksanaan masa PPDB tersebut akan dilaksanakan hingga Kamis (6/7) mendatang.

Dalam pelaksanaan PPDB tersebut masing - masing sekolah SD di Kabupaten Rejang Lebong dilarang melaksanakan tes baca, tulis, dan menghitung (Calistung).

Yang mana penghapusan syarat Calistung tersebut merupakan kebijakan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbud ristek) Nadiem Makarim yang menilai tes tersebut cukup memberatkan, dan dinilai tidak efektif dilaksanakan untuk anak - anak yang akan masuk SD.

Kepala Disdikbud Rejang Lebong Rezza Pakhlevi SH MM bahwasanya yang menjadi salah satu syarat anak - anak tersebut untuk bisa mendaftar SD yaitu ketika sudah memasuki usia Sekolah Dasar yakni mencapai 6 tahun, dan Ijazah TK/PAUD di Kabupaten Rejang Lebong belum menjadi syarat untuk melanjutkan pendidikan ke SD.

BACA JUGA:

Ini dikarenakan saat ini jumlah masih sangat terbatas dan belum merata pada masing - masing Kecamatan.

"Untuk saat ini belum tepat jika diterapkan di Kabupaten Rejang Lebong, jika salah satu syarat untuk masuk ke SD harus mempunyai Ijazah TK maupun PAUD, dan saat ini salah satu syarat untuk masuk SD hanya dipengaruhi oleh faktor usia anak, kalau sudah berumur 6 tahun pada bulan Juli saat PPDB maka sudah bisa mendaftar SD, serta dilarang melaksanakan Calistung karena terlalu memberatkan siswa baru," ujar Rezza.

Sementara itu, Rezza mengatakan bahwa untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan PPDB tersebut, Dikbud Rejang Lebong sudah membentuk posko pengaduan permasalah PPDB tahun 2023 di kantor Dikbud Rejang Lebong serta mempersiapkan link pengaduan secara online jika terdapat ketidakpuasan terhadap pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan oleh pihak sekolah.

"Insyaallah pada pelaksanaan PPDB tahun ini kami akan mendesain sedemikian rupa sehingga tidak terjadi kecurangan dan pelanggaran - pelanggaran terhadap pelaksanaan PPDB tahun 2023," pungkasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: