Ingin Meminta Petunjuk, Laksanakan Salat Istikharah untuk Mohon Kepada Allah SWT

Ingin Meminta Petunjuk, Laksanakan Salat Istikharah untuk Mohon Kepada  Allah SWT

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Sholat Istikarah merupakan salah satu bentuk ibadah yang bertujuan untuk meminta petunjuk Allah SWT dalam menentukan pilihan yang terbaik.

Dengan melakukan sholat sunnah ini kita ingin mengetahui jawaban tentang pilihan apa yang harus kita ambil dan apa yang harus kita lakukan. 

Tidak dapat disangkal bahwa orang terus-menerus dihadapkan pada banyak keputusan sepanjang hidup mereka. Sholat Istikarat merupakan salah satu Sholat sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim.

Terutama bagi masyarakat yang membutuhkan jawaban atas permasalahan yang mereka hadapi. Istikara sendiri adalah upaya untuk meminta pilihan yang terbaik kepada Allah. Misalnya pernikahan, pekerjaan, sekolah, dan lain-lain.

Pada dasarnya, sholat Istikarah ini dilakukan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT ke jalan yang benar untuk keluar dari perjuangan yang telah dilakukan.

BACA JUGA:

Namun sebagai manusia, kita wajib menyerahkan seluruh jawabannyat hanya dengan ridha Allah.

Sholat Istikarah sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak yakin untuk membuat pilihan terbaik di antara beberapa pilihan.

Oleh karena itu, shalat Istikarat hanya diperuntukkan bagi mereka yang ragu-ragu atau kurang percaya diri dalam mengambil keputusan.

Waktu pelaksanaan sholat istikarah sendiri bisa dilaksanakan kapan saja di antaranya sepertiga malam pertama, diawali sehabis salat Isya hingga pukul 22.30, sepertiga malam kedua, diawali pukul 10.30 sampai 01.30 serta juga sepertiga malam terakhir, diawali jam 01.30 sampai saat sebelum memasuki waktu subuh.

Namun, seperti shalat tahajud, lebih baik dilakukan pada sepertiga malam. Sholat Istikarah di diwaktu tersebut membuat  kita lebih khusyuk.

Sholat istikharah dapat menguatkan hati dan jiwanya saat hendak mengambil keputusan. Apalagi dengan sholat istikharah, kita bisa mendekatkan diri dan memasrahkan segalanya kepada Allah SWT.

BACA JUGA:

Sumber: