Sebanyak 1.264 Siswa Cairkan Beasiswa PIP

Sebanyak 1.264 Siswa Cairkan Beasiswa PIP

ILUSTRASI/NET --

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Rejang Lebong menyampaikan bahwasanya saat ini sedang tahapan pencairan beasiswa melalui Program Indonesia Pintar (PIP) Kemendikbud fase pertama tahun 2023.

Dimana yang akan diterima oleh sebanyak 1.264 orang siswa, dengan rincian 812 siswa dari SD dan 452 siswa SMP di kabupaten Rejang Lebong

Kadis Dikbud Rejang Lebong, Rezza Pakhlevi SH melalui kepala Bidang SMP Dikbud RL, Rionita SPd mengatakan bahwasanya proses penerimaan beasiswa tersebut pada tahun 2023 dilaksanakan menjadi dua fase penerimaannya.

Yakni fase pertamanya dimulai pada Juli 2023  lalu dan untuk fase kedua akan dilaksanakan pada Februari 2024 mendatang.  

"Mengenai perkembangan beasiswa PIP saat ini sudah ada 1264 orang siswa SD dan SMP di Kabupaten Rejang Lebong yang terjaring oleh pihak kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) yang akan mendapatkan beasiswa tersebut untuk fase pertama, dan akan dilanjutkan fase kedua pada Februari 2024 mendatang," ujar Rionita SPd.

BACA JUGA:

Dijelaskan Rionita untuk besaran anggaran yang diterima oleh masing - masing siswa tersebut mencapai Rp. 750. ribu untuk setiap siswa kelas VII dan Kelas VIII sedangkan untuk Kelas IX sebesar Rp 375 ribu setiap tahun nya.

Sedangkan untuk siswa SD sebesar Rp 450 ribu per tahun, khusus kelas VI akan memperoleh Rp 225 ribu per tahun.

"Untuk saat ini sedang berada dalam tahapan pencairan,beasiswa tersebut biasanya kepengurusan diserahkan kepada masing - masing operator sekolah" jelasnya.

Lebih jauh Rionita mengatakan bahwasanya jika siswa ingin mendapatkan beasiswa tersebut, bisa menghubungkan petugas operator sekolah, dengan melengkapi segala  berkas yang diperlukan seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Kartu keluarga Sejahtera (KKS) atau SKTM, rapor, dan surat pemberitahuan penerima BSM dari sekolah.

Sekolah akan mendaftarkan calon penerima ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

"Untuk mengecek penerima PIP, dapat diakses di halaman resmi pip.kemdikbud.go.id. Harapan kami, kepada siswa penerima beasiswa PIP tersebut agar bisa memanfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung kepentingan sekolah, dan kami harapkan peran orang tua atau wali bisa memantau penggunaan beasiswa tersebut supaya bisa tepat sasaran dan tercapai maksudnya, dan kepada  para operator sekolah agar secepatnya mengusulkan calon penerima beasiswa PIP untuk selanjutnya," pungkasnya.

BACA JUGA:

Sumber: