12 Madrasah di Rejang Lebong Akan Laksanakan AKMI 2023

12 Madrasah di Rejang Lebong Akan Laksanakan AKMI 2023

DOK/CE Pelaksanaan AKMI tahun 2022 lalu. --

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM -  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong menginformasikan bahwa ada sebanyak 12 Madrasah yang akan melaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI).

AKMI tersebut akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023.

Adapun Madrasah tersebut yakni Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Miftahul Jannah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah, MTs Baitul Makmur, MTs Tarbiyah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Rejang Lebong, MIN 3 Rejang Lebong, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ar Rahmah, MIS Guppi II Talang Rimbo, MIS Nurul Huda, MIS Nurul Kamal, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 10 Karang Anyar, dan MIM 14 Talang Ulu yang akan menjadi sample pelaksanaan kegiatan tersebut di Rejang Lebong tahun 2023.

Dikatakan Analisis Data dan Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag RL, Ruwaidah MPd bahwasanya kegiatan tersebut bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi renumerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya yang dilaksanakan oleh Kemenag Pusat dalam rangka mengevaluasi mutu dan kualitas madrasah.

BACA JUGA:

"Untuk pelaksanaan AKMI tersebut akan dilaksanakan secara Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer yang bisa diakses dengan menggunakan perangkat Komputer ataupun gadget," ujar Ruwaida.

Dikatakan Ruwaidah bahwa pihaknya mengharapkan seluruh madrasah yang terpilih akan melaksanakan AKMI tersebut dapat mempersiapkan kegiatan tersebut semaksimal mungkin, supaya pelaksanaan AKMI tersebut sehingga tidak berhambatan disaat pelaksanaannya.

"Kepada masing - masing madrasah agar bisa menyelenggarakan kegiatan AMBK tersebut semaksimal mungkin sesuai dengan juklak dan juknis yang berlaku sehingga nantinya bisa terlaksana dengan baik, yang mana hasil dari pelaksanaan AKMI tersebut akan menjadi penilaian dari Kementerian pusat terkait mutu dan kualitas pendidikan madrasah di kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2024 mendatang," tutur Ruwidah.

BACA JUGA:

Sumber: