Penyebab Keringat dan Air Mata Rasanya Asin

Penyebab Keringat dan Air Mata Rasanya Asin

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Air yang keluar dari tubuh kita baik itu air mata ataupun keringkat kenapa ya memiliki rasa yang dominan asin. Berikut penjelasanya Penyebab Keringat dan Air Mata Memiliki Rasa Yang Asin :

 

Air Mata 

Saat menangis, kita mengeluarkan air mata yang berasal dari sudut mata kita. 

Jika air mata tersebut turun mendekati mulut dan tidak sengaja tertelan, kita akan merasakan air yang asin. Pertanyaannya, mengapa air mata terasa asin

Air mata dihasilkan oleh kelenjar lakrimal yang berada di kelopak mata bagian atas. Tahukah kamu? Ternyata air mata memiliki beberapa lapisan yang bukan hanya mengandung air, lo. 

Dilansir dari Healthline, sebagian besar air mata kita berasal dari air yang ada di dalam tubuh. Nah, air di dalam tubuh kita mengandung elektrolit (ion garam).

Pada air asin, terdapat ion-ion bermuatan listrik yang memungkinkan air asin menghantarkan listrik.

Ion elektrolit inilah yang menyebabkan air mata terasa asin, sekaligus membuat tubuh manusia bisa tersengat aliran listrik.

 

BACA JUGA:

Keringat

Berkeringat adalah cara tubuh untuk menormalkan suhu inti. Ketika Anda aktif bergerak, seperti berolahraga, suhu tubuh akan naik.

Untuk menstabilkan suhu tubuh yang naik agar kembali normal, kelenjar keringat akan melepaskan keringat sehingga panas menguap melalui kulit. Proses ini disebut dengan regulasi temperatur (thermoregulation). 

Sumber: