Dinsos Lakukan Pendataan ODJG Belum Kantongi BPJS Kesehatan

Dinsos Lakukan Pendataan ODJG Belum Kantongi BPJS Kesehatan

IST/CE Pihak Dinsos saat mengunjungi salah satu rumah penderita ODGJ.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COMMeskipun penyaluran kartu BPJS kesehatan sebelumnya sudah dikatakan maksimal.

Nampaknya masih ada sejumlah masyarakat Kepahiang yang terdata belum memiliki kartu BPJS kesehatan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang Helmi Johan MPd melalui Kabid Rehsos Razikin SP didampingi JFT Peksos Ahli Muda Abdul Pajri SH mengatakan, sejumlah masyarakat yang belum memiliki BPJS kesehatan itu berada di kalangan masyarakat yang dikatakan ODGJ maupun masyarakat yang didiagnosa menderita penyakit akut dan kronis.

"Untuk penyaluran BPJS kesehatan menurut saya sudah sangat maksimal. Akan tetapi memang, masih ada saudara kita dari kalangan ODGJ yang belum mendapatkan kartu BPJS. Padahal dilihat dari segi kondisi, sudah seharusnya mereka mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis," ujar Abdul.

Dijelaskan Abdul, dibanding dengan masyarakat pada umumnya, biaya berobat ODGJ dan juga para penderita penyakit akut ini jauh lebih besar.

BACA JUGA:

Sehingga sudah seharusnya mereka dibantu kesehatan secara gratis melalui BPJS kesehatan.

"Saya rasa memang upaya pihak Dinkes dan BPJS kesehatan sudah sangat baik dalam menyalurkan BPJS dan melayani kesehatan di Kabupaten Kepahiang ini. Akan tetapi karena banyaknya masyarakat di Kabupaten Kepahiang ini, wajar jika masih ada beberapa masyarakat yang belum mendapatkan BPJS. Untuk itu saya mengharapkan, agar para ODGJ dan juga penderita penyakit akut bisa mendapatkan BPJS juga. Karena dari pantauan yang kami lakukan, biaya berobat mereka sangat mahal," terangnya.

Disamping itu lanjut Abdul, karena pihaknya memang membidangi soal ODGJ yang ada di Kepahiang. Pihaknya akan melakukan survei lebih lanjut, untuk memastikan semua ODGJ dan penderita penyakit akut mendapatkan pelayanan kesehatan gratis melalui BPJS kesehatan ini.

"Kita akan terus melakukan survei ke lokasi secara langsung, untuk memastikan para ODGJ juga mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Karena kita pihak Dinsos, hanya bisa mendata dan mengusulkan saja pembuatan BPJS kepada pihak yang berwenang. Intinya kita bermaksud, agar semua masyarakat di Kepahiang ini bisa mendapatkan pelayanan yang sama untuk kesehatan," harapnya. 

BACA JUGA:

Sumber: