Mengatasi Stres dengan Art Therapy Coretan

Mengatasi Stres dengan Art Therapy  Coretan

-Ilustrasi/Net-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Stres adalah keadaan dimana tubuh penuh dengan tekanan. Stres terjadi ketika ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi keadaan yang tentunya penuh tuntutan. 

Stres merupakan keadaan alami tubuh yang memiliki gejala seperti perasan cemas, gelisah, ketegangan otot, gangguan tidur,  dan sulit fokus terhadap suatu hal. 

Di tengah meningkatnya kesadaran akan kesejahteraan mental pada saat ini,  pentingnya seseorang untuk mengatasi stres secara sehat, karena stres kronis dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Mengenal Stres Finansial Serta Dampaknya Untuk Kesehatan Mental

Art therapy adalah teknik psikoterapi yang menggunakan media seni. Terapi ini sudah dikenal dan dilakukan sejak lama sebagai cara untuk menenangkan bagi seseorang yang memiliki tekanan psikologis atau gangguan mental.

Art therapy  diakui sebagai solusi meredakan stres, mengungkapkan emosi, mengubah keyakinan bawah sadar, dan menciptakan rasa kesejahteraan secara keseluruhan. 

Art therapy  digemari dari berbagai kelompok usia mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa bahkan lanjut usia.

Salah satu keunggulan art therapy ini yakni dapat mengungkapkan kemampuan mengkekspresikan apa yang sulit diungkapkan melaui kata-kata.

BACA JUGA: Menghadapi Burnout dan Stres pada Wanita Profesional

Art therapy dapat memungkinkan individu  untuk mengeksplorasi  sisi kreatif dan kesejateraan emosional yang terdapat pada dirinya. 

 

Beberapa teknik dan contoh art therapy yang sering digunakan, di antaranya:

1. Kolasi

2. Mewarnai

Sumber: