Awas! 5 Ikan Ini 'Haram' Dimakan Setelah Operasi Caesar, Bisa Memperlambat Pemulihan

Awas! 5 Ikan Ini 'Haram' Dimakan Setelah Operasi Caesar, Bisa Memperlambat Pemulihan

Ikan-Net-

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Operasi Caesar adalah prosedur bedah yang umum dilakukan pada wanita hamil untuk mengeluarkan bayi dari rahim melalui sayatan pada perut dan rahim. Setelah menjalani operasi ini, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat mempengaruhi pemulihan dan kesehatan pasien. 

 

Salah satu makanan yang harus Anda hindari setelah operasi caesar adalah ikan. Tentu tidak semua ikan tidak boleh Anda makan. Beberapa jenis ikan justru baik untuk Anda konsumsi untuk membantu mempercepat proses pemulihan setelah operasi caesar. Lalu ikan apa dan yang seperti apa yang tidak boleh dimakan? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini.

BACA JUGA: Ikan Pintar dengan Harga Terjangkau, Inilah 7 Jenis Ikan yang Dapat Membantu Meningkatkan Kecerdasan Anak!

Terdapat 5 jenis ikan yang ‘haram’ dimakan setelah operasi caesar dan sebaiknya dihindari setelah operasi Caesar karena beberapa pertimbangan seperti dapat memperlambat proses pemulihan setelah operasi caesar. Berikut ulasannya:

 

1. Ikan Berlemak Tinggi

Ikan berlemak tinggi seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan otak. Namun, setelah operasi Caesar, ikan berlemak tinggi sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko pembekuan darah. Ini karena asam lemak omega-3 memiliki sifat antikoagulan alami yang dapat mempengaruhi proses pembekuan darah.

BACA JUGA: Apakah Ikan Butuh Minum Seperti Manusia? Inilah Faktanya!

Bagi Anda yang baru saja menjalani operasi caesar, ada baiknya untuk menghindari ikan berlemak tinggi ini. Anda bisa menggantinya dengan makanan yang mengandung rendah lemak untuk menghindari risiko kesehatan yang tidak diinginkan.

 

2. Ikan yang Mengandung Merkuri Tinggi

Beberapa ikan, seperti tuna sirip kuning dan tenggiri, memiliki kadar merkuri yang tinggi. Merkuri adalah logam berat yang dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Setelah operasi Caesar, sistem pencernaan dan detoksifikasi tubuh mungkin tidak bekerja optimal, sehingga sebaiknya menghindari ikan yang mengandung merkuri tinggi.

BACA JUGA: Jangan Salah! Hanya Ikan Ini yang Bisa Bikin Umur Panjang

Sumber: