LPDP Hadirkan 1.000 Kuota Beasiswa untuk Dokter Spesialis

LPDP Hadirkan 1.000 Kuota Beasiswa untuk Dokter Spesialis

ILUSTRASI/NET--

CURUPEKSPRESS.COM - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia di sektor kesehatan.

Kali ini, LPDP berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dalam menghadirkan Program Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis 2023.

 

Program Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis ini bertujuan utama untuk memperdalam pengetahuan dalam empat bidang penyakit yang memiliki kontribusi besar terhadap angka kematian di Indonesia, yaitu jantung, stroke, urologi dan nefrologi, serta kanker. Beasiswa ini ditujukan untuk Warga Negara Indonesia yang telah memegang Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP) sebagai Dokter Spesialis.

 

Dwi Larso, Direktur Beasiswa LPDP, menjelaskan pentingnya meningkatkan kualitas sektor kedokteran di Indonesia dan mendukung kebutuhan tersebut.

Oleh karena itu, LPDP berkomitmen untuk menyediakan pendanaan dalam bentuk Beasiswa Fellowship Kementerian Kesehatan dengan alokasi sebanyak 1000 beasiswa pada tahun ini.

BACA JUGA:

 

"Kami ingin berkontribusi dalam sektor kesehatan dengan melahirkan lebih banyak dokter spesialis, termasuk mereka yang mengikuti program fellowship. Kami menyadari bahwa kapasitas program ini di Fakultas Kedokteran juga perlu ditingkatkan, itulah sebabnya LPDP menyediakan 1000 beasiswa setiap tahunnya," ungkap Dwi Larso.

 

Sementara itu, Oos Fatimah Rosyadi, Direktur Penyedia Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan, menjelaskan bahwa program fellowship bagi dokter spesialis bertujuan untuk meningkatkan pelayanan rujukan spesialis, terutama dalam penanganan empat penyakit penyebab kematian tertinggi.

 

"Dengan semakin banyaknya dokter spesialis yang mengambil program fellowship, diharapkan pelayanan subspesialis akan semakin meningkat. Kami berharap juga akan ada berbagai jenis spesialisasi lainnya yang siap menyelenggarakan fellowship sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Oos Fatimah Rosyadi.

 

Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis pertama kali diumumkan pada Mei 2023, dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

BACA JUGA:

 

Pendaftaran Beasiswa Fellowship akan dibuka setiap awal bulan dengan rincian tanggal 1-8 Oktober, 1-7 November, dan 1-5 Desember 2023.

Program ini tersedia baik untuk tujuan dalam negeri maupun luar negeri.

 

Beasiswa ini mencakup berbagai komponen pendanaan, termasuk dana pendidikan seperti biaya program dan biaya buku, serta dana pendukung seperti biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya aplikasi visa, biaya asuransi kesehatan, biaya transportasi, dan dana keadaan darurat.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, ketentuan, dan lembaga penyelenggara fellowship, Anda dapat mengunjungi laman resmi LPDP.

Anda juga dapat menyaksikan rekaman webinar Sosialisasi Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis 2023 di saluran resmi YouTube LPDP.

Sumber: