Tips Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 3 Tahun

Tips  Meningkatan  Keterampilan Motorik  Halus Pada Anak  Usia 3 Tahun

Anak jenius-Ilustrasi/Net-

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Setiap orang tua tentunya menginginkan si kecil memiliki tumbuh kembang yang lancar sedari dini. Maka dari itu, kita perlu memerhatikan setiap tahap tumbuh kembang si kecil. Seiring dengan pertambahan usianya, keterampilan motoriknya pun bakal terus berkembang.

Perkembangan motorik, yakni mencakup pertumbuhan fisik yang melibatkan cara kerja otot serta tulangnya. Selain itu, kemampuan motorik juga termasuk ke dalam bagaimana  bergerak dan menyentuh barang-barang yang ada di sekitarnya.

Perkembangan motorik terbagi dalam 2 jenis yakni motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar berkaitan dengan kemampuan anak dalam menggerakkan otot-otot kasar atau otot gerak utama pada tubuhnya. Misalnya, kemampuan duduk, berdiri, dan berlari.

Sedangkan motorik halus berkaitan dengan kemampuan anak menggerakkan otot-otot gerak halus pada tubuh. Seperti kemampuan berbicara, mencorat-coret, hingga mewarnai.

BACA JUGA:Ini Kelebihan Siswa yang Mengikuti Pramuka

Berikut tips  meningkatan  keterampilan motorik  halus pada anak  usia 3 tahun :

1.Ajari sikecil mengambil potongan  kertas menggunakn pinset.

2. Masukan senar atau tali ke manik-manik besa sebagai latihan koordinasi tangan dan mata. 

3. Memindahkan pasir menggunakan sekop atau sendok kecil  dari satu wadah ke wadah yang lainya.

4. Berikan contoh bermain dengan menumpukan lego yang beraneka warna, dan meminta si kecil untuk menggulanginnya.

Pastikan untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan usia dan minat anak Anda, dan beri mereka kesempatan untuk berlatih secara teratur untuk mengembangkan motorik halus mereka. Selain itu, berikan dukungan dan dorongan positif untuk memotivasi mereka

 

Sumber: