Pentingnya Belajar Mengaji untuk Anak Sejak Dini

Pentingnya Belajar Mengaji untuk Anak Sejak Dini

Sumber: download on pinteres @freepik belajar mengaji--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Membaca Al-quran merupakan hal yang wajib bagi umat islam. Membiasakan membaca Alquran pada anak-anak harus dimulai sedini mungkin.

Anda bisa mengajarnya sendiri atau bisa mencari tempat les untuk anak agar bisa membaca Al-quran sehingga bisa memberikan manfaat untuk kedepannya.

Apalagi manfaat membaca Alquran sangatlah banyak bahkan tak terhingga, terutama jika diamalkan dengan baik.

Orang tua memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk memberikan bekal ilmu kepada anak, baik dunia maupun akhirat nanti.

Belajar tentang ilmu agama, termasuk membaca Al-quran, merupakan hal utama yang perlu diajarkan kepada anak sedini mungkin. Karena, manfaat membaca Al-quran sangatlah banyak dan tak terhingga. Lalu apa saja manfaat jika membaca Al-quran? 

Berikut 6 Manfaat membaca Al-quran:

1. Al-quran adalah obat terbaik

Al-quran di sebut juga dengan Assyifa yang artinya pengobat. Al-quran bisa mengobati berbagai jenis penyakit seperti, penyakit fisik, hati, dan jiwa.

Dalam Alquran setiap ayatnya memiliki kandungan keindahan dan kenikmatan yang dapat dirasakan baik langsung dan tidak langsung.

Ada banyak keutamaan dan keistimewaan pembacaan Alquran, terutama sebagai obat bagi orang-orang yang sakit.

BACA JUGA:

2. Pikiran Menjadi Damai dan tenang

Membaca Al-quran dapat memberikan kedamaian pada pikiran pembaca maupun pendengarnya.

jika mulai membaca Alquran sejak dini, maka pikiran anak akan didominasi oleh efek spiritual yang positif sehingga bisa mendapatkan pikiran dan jiwa yang tenang dan damai. 

3. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan yang banyak

Bagi siapapun yang membaca Al-quran, Khususnya bagi anak-anak, apabila ingin belajar Alquran,  juga perlu untuk belajar tentang isi Alquran sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang luas dari berbagai generasi. Segala jenis ilmu pengetahuan dari dulu hingga sekarang sudah tertulis lengkap di dalam kitab suci Alquran.

4. Dikabulkannya doa

Alquran juga berisi tentang berbagai kalimat doa yang sangat mustajab. Tidak heran apabila dengan membaca Alquran maka doa-doa lebih mudah dikabulkan oleh Allah Swt.

Orang-orang yang dekat dengan Alquran doanya akan lebih mudah diijabah karena hatinya bersih dan tenang. Oleh karena itu, apabila ingin doa-doa yang di panjatkan kepada Allah mudah didengar dan dikabulkan, senantiasa membaca Alquran. Manfaat membaca Alquran memang sangat luar biasa. 

5. Dekat dengan Kedua Orang Tua

Pada saat orang tua membimbing anak untuk membaca Alquran, secara tidak langsunh orang tua akan ikut mendidik dan mengawasi sendiri anaknya. Hal ini secara perlahan akan meningkatkan hubungan yang erat antara anak dan orang tua.

Melalui belajar Alquran anak-anak akan menyadari betapa pentingnya menghormati orang tua.

Apalagi jika dibimbing langsung oleh orang tua maka peluang anak untuk menghormati orang tua pun semakin besar. Hubungan antara anak dan orang tua pun menjadi lebih dekat sehingga ketertarikan anak untuk belajar Alquran lebih besar.

Tentunya, peranorang tua sangatlah besar dalam mendidik anak anaknya apalagi dalam hal agama. 

BACA JUGA:

6. Menjadi Keluarga yang Selalu dilindungi Allah

Keluarga yang senantiasa membaca kitab suci Alquran maka menjadi keluarga di istimewahkan oleh Allah. Baik orang itu memahami isi Alquran ataupun mengamalkannya.

Ternyata kitabullah merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dan mendekatkan diri dan keluarga kepada Allah.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya “Para ahli Quran ialah keluarga dan kepercayaan Allah SWT.” Dengan begitu, siapa pun yang selalu membaca Alquran maka akan diperlakukan secara istimewa dan menjadi kepercayaan Allah.

 

Itulah tadi manfaat membaca al-quran. Bagi yang belum lancar, tidak ada kata terlambat untuk belajar karena setiap orang bisa memulai dari sekarang untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

Sumber: