Ini Besaran Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto Tahun 1980 an

Ini Besaran Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto Tahun 1980 an

Screnshot IG Jejaksueharto -ist-

CURUPESKPRESS.COM - Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto sudah diberikan sejak tahun 1980 an. Kala itu yang mendapat Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto bukan hanya untuk perguruan tinggi (PT) tetapi juga untuk sekolah menengah pertama (SMP).

Dari informasi terangkum dari penulis, berikut ini besaran yang diberikan oleh Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto pada saat itu.

Dimana untuk siswa SMP kala itu mendapatkan Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto sebesar Rp. 10.000 - 12,500 per satu bulannya. Jika dibandingkan pada saat ini tahun 2023, angka tersebut bisa terhitung Rp. 10 - 12 juta. 

Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS), untuk sejumlah kampus yang ada di Indonesia, mendapatkan besaran Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto sebanyak Rp. 25 ribu - 30 Ribu persatu bulannya. Jika dibanding tahun 2023 ini angka tersebut sudah puluhan kali lipat, minimnya angka tersebut saat ini sudah mencapai Rp. 25 - 30 juta. Dimana dahulunya yang menjadi prioritas adalah mahasiswa Jakarta dan Bandung. 

BACA JUGA:Info Beasiswa Yayasan Supersemar BACA JUGA: Ini Syarat dan Prosedur Dapat Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto

Selanjutnya Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto khusus untuk mahasiswa berprestasi peserta Kuliah Kerja Tematik Posdaya, berikan Rp 30 ribu perbulan, dengan perbandingn saat ini Rp. 30 Juta. 

Sayangnya kala itu Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto, tidak diberikan kepada siswa, lantaran saat itu SMA dinilai belum efektif, serta dinilai profek kerjanya yang belum jelas. 

Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto, pemberiaan besarannya di sesuai dengan zamannya.

Kala itu anggaran Beasiswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto, bersumber dan dikelola berasal dari donasi Bank - bank yang sudah ada kala itu. Pasalnya saat itu Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1976, seluruh perbankan di Indonesia wajib menyisikan 5% untuk pendidikan dan bidang sosial. Sehingga saat itu Yayasan Supersemar Tien Soeharto tidak pernah kekurangan anggaran untuk pendidikan. 

BACA JUGA:Sejarah Dibalik Berdirinya Yayasan Supersemar, Hadir Atas Dorongan Tien Soeharto

Dimana usai mengeluarkan beasiswa, Yayasan Supersemar Tien Soeharto tentu saja menuntut output yang jelas, dimana seluruh menerima beasiswa harus memiliki pretasi yang jelas, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan pihak Yayasan Supersemar Tien Soeharto.

Sumber: