Bahaya! 5 Makanan Ini Bisa Berubah jadi Racun jika Hangatkan Kembali

Bahaya! 5 Makanan Ini Bisa Berubah jadi Racun jika Hangatkan Kembali

ILUSTRASI/NET --

CURUPEKSPRESS.COM - Beberapa makanan memang masih bisa dipanaskan kembali tanpa banyak mengubah rasa. Namun, terdapat sejumlah makanan yang ternyata bisa berubah jadi racun apabila di hangatkan kembali. 

Makanan yang dihangatkan kembali bisa menyebabkan mual, berbagai penyakit, dan keracunan. Oleh karnanya, apabila anda ingin menghangatkan kembali makanan sisa sebaiknya pastikan dulu masih layak atau tidak untuk di konsumsi. 

Berikut 6 makanan bisa berubah menjadi racun jika dihangatkan:

 

1. Bayam dan Sayuran Hijau

 

Sayuran hijau salah satunya seperti bayam dapat mengandung konsentrasi nitrat yang tinggi.

Nitrat sebenarnya tidaklah berbahaya, tetapi dapat diubah menjadi nitrit yang kemudian menjadi nitrosamin.

Adapun beberapa nitrosamin diketahui memiliki sifat karsinogenik atau bisa menjadi kanker dan racun. Karena banyaknya pro dan kontra terkait memanaskan bayam, ada baiknya untuk dihindari sebagai antisipasi.

Memanaskan kembali sayuran juga bisa mengurangi kandungan vitamin jika dibandingkan dengan sayuran mentah yang tidak dimasak.

BACA JUGA:

2. Telur

Telur salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Sebab makanan yang mengandung protein ini jika dipanaskan kembali pada suhu tinggi dapat berubah menjadi racun. 

 

3. Ayam

Ayam adalah salah satu makanan yang sebaiknya tidak hangatkan kembali, sebab bisa memicu sejumlah dampak buruk untuk kesehatan. Ayam memiliki kepadatan protein yang lebih tinggi dari daging merah. Ketika dipanaskan kembali, protein terurai secara berbeda, yang berisiko mempengaruhi pencernaan dan bisa berubah menjadi racun. 

 

4. Jamur

Makanan berikutnya adalah jamur jika di hangatkan lagi bisa menjadi racun. 

Ahli diet Brigitte Zeitlin mengatakan, jamur yang kembali dipanaskan dapat menyebabkan sakit perut karena mikronutrien di dalamnya. "Jadi sekali lagi, yang terbaik adalah menghabiskan jamur Anda untuk pertama kali," kata dia dikutip dari laman Bustle.

Setelah memasak jamur pastikan untuk memasukkannya ke dalam lemari es sehingga akan lebih aman jika Anda perlu memanaskannya lagi. 

BACA JUGA:

5. Kentang

Selanjutnya kentang jika depanaskan kembali akan berubah menjadi racun. Memanaskan kentang selain menghilangkan nilai kamdungan gizinya, tetapi bisa berpotensi menjadi racun. Kentang yang dibiarkan dingin pada suhu kamar, berpeluang munculnya pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum.

Memanaskan kembali kentang seringkali tidak benar-benar membunuh bateri tersebut.

Jadi simpanlah kentang dalam pendingin dan jangan membiarkannya begitu saja di ruangan terbuka.

6. Nasi

Makanan selanjutnya adalah nasi yang bisa berubah men jadi racun jika dipanaskan kembali.

Menurut Food Standards Agency, nasi yang diletakkan pada suhu kamar akan menyebabkan spora mudah berkembang biak yang bisa menimbulkan adanya racun yang berbahaya.

Racun tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti muntah-muntah, keracunan ataupun diare.

Memanaskan kembali nasi tidak akan berdampak menghilangkan racun tersebut.

Dengan demikian, yang harusnya dilakukan bukanlah memanaskan kembali nasi yang sudah dibiarkan dalam suhu ruangan, namun adalah bagaimana memastikan nasi disimpan dengan benar.

Sumber: