Ratusan Mahasiswa dan Pelajar di Curup Gelar Aksi Peduli Palestina, Ini Tuntutannya

 Ratusan Mahasiswa dan Pelajar di Curup Gelar Aksi Peduli Palestina, Ini Tuntutannya

Mahasiswa dan pelajar Curup gelar aksi peduli Palestina.-Aziz/ce-

CURUPEKSPRESS.COM - Ratusan mahasiswa dan pelajar di kota Curup Kabupaten Rejang Lebong menggelar aksi damai peduli Palestina dan megecam agresi Israel. Aksi damai tersebut digelar kurang lebih 150 mahasiswa dan pelajar pada Minggu 15 Oktober 2023 di depan Pasar Bang Mego, Curup.

Pantauan curupekspress.com, dalam aksi damai tersebut mahasiswa dan pelajar juga melaksanakan penggalangan dana dan orasi untuk memberikan dukungan kepada negara Palestina yang saat ini sedang terlibat konflik dengan negara Yahudi Israel.

Ketua KAMMI Komisariat Curup, Akbar Muaziz mengatakan bahwa dalam aksi tersebut pihaknya selaku mahasiswa ingin menyampaikan kepada masyarakat Kabupaten Rejang Lebong khususnya dan Indonesia umumnya bahwa saat ini saudara - saudara kita di Palestina sedang mengalami konflik dengan negara Israel dan membutuhkan bantuan.

"Tentu sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, tentunya kita mempunyai kewajiban untuk membantu saudara - saudara kita sedang mengalami kesusahan tersebut. Maka dari itu dalam kesempatan ini kami ingin pihak pemerintah khususnya presiden Joko Widodo dapat bersikap tegas dan ikut andil dalam menyelesaikan konflik antara kedua negara tersebut," tegas Akbar.

BACA JUGA:Aksi Mahasiswa Tolak 3 Periode, Dapat Dukungan PKS

BACA JUGA:Aksi Mahasiswa Tanpa Instruksi Rektor

Dikatakan Akbar bahwa dengan berlandaskan UUD 1945 yang dalam pembuatannya menekankan bahwa sesungguhnya kemerdekaan Itu ialah hak segala bangsa.

Oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Dan hal tersebut menjadi dasar pihaknya mendesak Pemerintah dapat bersikap tegas dan ikut andil dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Jika konflik antara Palestina dengan negara Israel tetap berlangsung dan negara tidak menunjukan sikap maka kami akan melaksanakan aksi serupa, dengan jumlah massa yang lebih besar," jelas Akbar. 

Sementara itu dari pelaksanaan penggalangan dana yang juga dilakukan para mahasiswa, berhasil mengumpulkan sebanyak kurang lebih Rp 5 juta. Yang mana akan pihaknya salurkan melalui lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) yang akan disalurkan langsung kepada negara Palestina.

 

Berikut beberapa tuntutan yang disampaikan mahasiswa dan pelajar di kota Curup terkait aksi militer Istrael di Palestina:

 

Sumber: