6 Permainan yang Mengasah Kemampuan Anak Berfikir Cerdas Sejak Dini

   6 Permainan yang Mengasah Kemampuan Anak Berfikir Cerdas Sejak Dini

sumber ss on pinteres ilustrasi anak bermain febri magang--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Permainan merupakan suatu yang digunakan untuk bermain baik berbentuk barang atau suatu yang digunakan untuk hiburan atau kesenangan. Bahkan digunakan sebagai media pendidikan. 

Faktanya permainan dapat mengasah kemampuan berfikir anak, melatih daya ingat, dan mencerdaskan anak. Kecerdasan anak harus dilatih sedini mungkin dengan memberikan mainan yang edukatif agar dapat mempelajari berbagai hal. 

Sehingga membantu otak anak untuk berfikir kreatif dan imajinatif.  Namun, apa saja permainan yang dapat mengasah kemampuan berfikir anak agar cerdas? 

Berikut ulasannya:

1. Puzzle

Permainan yang mengasah kemampuan anak agar cerdas yang pertama yaitu puzzle. Puzzle merupakan cara yang baik bagi orang tua untuk mengasah berfikir anak. permainan puzzle mendorong anak untuk berfikir kritis sehingga mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Permainan ini memerlukan pemikiran yang cerdas dan logis dimana anak akan menggabungkan warna bentuk agar bisa menyatu. Permainan puzzle ini juga bukan hanya menghibur tetapi juga memberi kesempatan si kecil dalam. berfikir dan mencari solusi dalam pemecahan masalah. 

2. Teka Teki Silang

Permainan selanjutnya yang mengasah kemampuan berfikir anak agar cerdas yaitu teka teki silang. Teka teki silang merupakan permainan klasik yang di gemari masyarakat. Dalam bermain teka teli silang meningkatkan kemampuan daya ingat si anak dan mengasah kecerdasan anak. Dalam pertanyan teka teki silang menuntun anak untuk membongkar ingatan mengenai nama tempat, bahasa daerah, peristiwa atau istilah tertentu. Hal ini akan menyegarkan daya ingat bagi si anak. 

3. Congkak

Permainan selanjutnya yang mengasah kemampuan berfikir anak yaitu congkak. Congkak merupakan permainan tradisional yang menyenangkan permainan ini bertujuan untuk membantu anak mengenal angka dan memahami matematika dalam kehidupan sehari-hari. Permainan ini menggunakan papan congkak dan biji 98 biji yang disebut buah congkak. Permainan ini membantu si kecil untuk berhitung , melatih kejujuran, melatih kesabaran dan melatih pentingnya memahami aturan. 

4. Labirin

Permainan selanjutnya yang mengasah kemampuan berfikir anak yaitu labirin. Labirin merupakan permainan untuk memecahkan suatu masalah diamana permainan ini si pemain harus berjalan atau mencari jalan keluar dari pintu masuk sampai pintu keluar. Pada anak-anak permainan ini sangatlah membantu anak untuk memecahkan suatu masalah dan mencari jalan keluarnya. 

5. Sudoku

Permainan selanjutnnya yang mengasah kemampuan berfikir anak yaitu sudoku. Permainan sudoku memiliki nilai pendidikan bagi anak anak. Hal tersebut karena sudoku berpartisipasi dalam tantangan pemecahan masalah. membantu anak untuk cerdas dalam matematika, logika, dan keterampilan berfikir kritis. Banyak manfaat lain dari permainan ini seperti meningkatkan konsentrasi, melatih kejujuran, dan meningatkan daya ingat. 

Sumber: