Santan Sebabkan Struk dan Penyakit Ini, Anda Wajib Tau

  Santan Sebabkan Struk dan Penyakit Ini, Anda Wajib Tau

makanan santan-ist-

HEALTH, CURUPEKPRESS.COM – Tentunya kita semua sering mengkonsumsi makanan bersantan. Atau bahkan di acara hajatan pun kita menemukan sajian dengan tambahan santan. Bahkan di hari besar seperti Idul Fitri atau perayaan lain juga ada sajian bersantan. Terasa nikmat bila disantap bukan? 

Seperti  rendang dan opor ayam, lalu ada sajian ringan seperti kolak dan beberapa minuman lain dengan tambahan santan agar rasanya lebih mantap.

 

Karena rasa yang mantap sering kali kita menjadi kalap dalam mengkonsumsinya. Ternyata hal ini perlu diperhatikan,loh! Konsumsi makanan santan secara berlebihan dapat mengakibatkan stroke dan beberapa penyakit lainnya, yang akan di jelaskan secara singkat dibawah ini ;

 

Tekanan Darah Tinggi

Dilansir dari buku Hipertensi Bukan untuk Ditakuti (2014), pernyataan konsumsi makanan santan mengakibatkan tekanan darah atau hipertensi tidak sepenuhnya keliru. Di dalam santan terdapat asam lemak jenuh yang nantinya dapat menumpuk yang kelamaan menjadi plak pada pembuluh arteri. Plak tersebut yang telah meradang membuat aliran darah tersumbat.

 

Stroke Ringan

Menurut Dokter Spesialis Saraf dr. Untung Gunarto Sp.S. MM , bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit stroke harus bijak dalam memilah makanan bersantan demi kesehatan tubuh. Seperti pada penyakit hipertensi adanya penyumbatan pada aliran darah maka jika penyumbat itu terjadi pada pembuluh darah otak. Hal ini akan mengakibatkan stroke. Dan bila terjadi juga pada jantung maka gangguan jantung pun juga ikut hadir pada tubuh.

BACA JUGA: Inilah Mengapa Kurang Tidur Bikin Tekanan Darah Tinggi

Asam Lambung

Jika jita mengkonsumsi makanann bersantan saat perut dalam keadaan kosong dan dikonsumsi secara berlebihan inilah yang membuat lambung merasa kesulitan untuk mencerna makanan tersebut karena sebelumnya belum ada makanan lain yang masuk. Kesulita lambung untuk mencerna akan menghasilkan rasa nyeri dan juga secara tiba tiba berakibat meningkatnya asam lambung. Sehingga tidak hanya itu saja, ketidaknyaman ini juga agar membawa ke penyakit lain seperti Maag.

 

Sumber: